[Bayi & Balita]
Warta Al Irsyad Jember
Bagaimana caranya mengatasi malas makan pada anak balita
11:36 08/05/2020
Syara Nurviani, S.Gz. ahligizi
Hal yang harus dilakukan ketika anak malas atau sulit makan diantaranya adalah
- Berikan makanan rumah yang sehat, baik untuk makanan sehari-hari maupun makanan selingan.
- Tawarkan selalu jenis-jenis makanan yang baru. Terkadang makanan baru butuh ditawarkan 10-15 kali untuk dapat diterima dan dimakan dengan baik oleh anak
-Sajikan jenis-jenis makanan yang baru bersama dengan makanan gang disukai oleh anak
-Hindari asumsi bahwa anak tidak akan suka dengan jenis-jenis makanan tertentu.
- Tawarkan finger foods (makanan yang dapat digenggam oleh anak) yang sehat sehingga anak dapat belajar makan secara mandiri.
- Sulit makan dan menolak makanan adalah hal yanh wajar terjadi pada anak Hal tersebut bisa jadi merupakan cara mereka untuk menunjukkan diri mereka sebagai individu.
- Jangan pernah memaksa anak untuk makan, karena anak tahu berapa banyak makanan gang dibutuhkan oleh tubuhnya. Memaksa makan dapat menggangu kemampuan alaminya untuk mengetahui tanda-tanda lapar dan kenyang pada anak
13:29 15/05/2020