[Masalah Berat Badan]
Sholikha Rohmanudin
Makanan dan olahraga apa saja yg bisa menurunkan berat badan. Krna kaki kiri saya masih terpasang pen .. terima kasih..
07:07 09/05/2020
Syara Nurviani, S.Gz. ahligizi
Prinsip diet ini adalah mengurangi sejumlah kalori yang masuk (dari makanan dan minuman), diimbangi dengan olahraga teratur. Diet menurunkan berat badan sebaiknya terpantau oleh nutrisionis agar tidak terjadi diet yang instan atau olahraga yang berlebihan. Target penurunan BB yang sehat adalah 2 kg dalam 1 bulan. Saya menyarankan untuk : olahraga minimal 3x seminggu durasi 30-45 menit dan mengurangi porsi makan. Untuk lebih akurat berapa banyak kalori yang anda harus makan, silakan berkonsultasi dengan ahli gizi/nutrisionis. Anda akan diasesmen tentang asupan makan terlebih dahulu, lalu dihitungkan kebutuhan kalori berdasarkan umur, tinggi badan dan berat badan anda. Frekuensi makan tetap seimbang yaitu 3x makan utama dan 2 selingan/ngemil. Hanya saja dikurangi porsinya dan diperhatikan jenis makanannya. Sebaiknya lauk pauknya diolah dengan cara lain, jangan terlalu sering digoreng karna akan menambah asupan lemak. Bisa direbus, tumis, panggang, dll. Perbanyak asupan sayuran saat makan utama. Cemilan diganti dengan buah2an yang segar. Jika mengkonsumsi jus, sebaiknya tidak menambahkan gula. Jika anda rutin mengkonsumsi susu, ganti susu dengan susu rendah lemak/skim/low fat. Selain itu, disarankan untuk jangan makan malam lebih dari jam 19.00, serta kunyah makanan sebanyak 30x, kurangi konsumsi fast food, minuman dan makanan ringan, jerohan, gajih dan makanan berlemak/mengandung gula tinggi lainnya. Minuman yg diperbolehkan untuk orang yang sedang menjalani diet ini di antaranya adalah air putih, air teh tawar, susu rendah lemak/skim/low fat, jus buah atau sari buah tanpa gula.
13:22 15/05/2020