[Kehamilan]
RETNO WULAN ARUM SARI
Saya didiagnosa menderita pcos, sudah menikah slma 4 tahun blm diberikan keturunan. Sempat 3 kali mengalami keguguran, dokter mengatakan efek dari pcos tersebut. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada rekomendasi khusus menu makanan penderita pcos. Sebelumnya, setahun yg lalu saya 68 kg, skrg sdh 56 kg, namun dokter mengatakan saya masih menderita pcos
22:55 11/05/2020
Mir'atul Azizah,S.Gz., M.Han. ahligizi
Terimakasih sudah berkonsultasi dengan kami ya bu. Orang dengan PCOS kadar insulinnya tinggi sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah tinggi dan hormon androgen meningkat, ovulasi pun berjalan tidak semestinya. Makanan yang baik untuk orang dengan PCOS adalah makanan pada orang dengan kadar gula darah tinggi, yaitu dengan prinsip 3J (Jenis, Jumlah dan Jam). Jenis makanan yang dimakan yaitu mengurangi asupan makanan yang manis-manis, mengandung gula tinggi, karbohidrat, perbanyak sayur dan buah. Jumlah makanan yang dimakan harus diperhatikan juga dan Jam makan misal makan besar jam 7, 12, 19 dengan makanan kecil jam 10 dan jam 15. Imbangi dsngan olahraga ringan sesuai ddngan kondisi. Periksa secara rutin juga ke dokter obsgin saat promil dan saat hamil, pastikan apakah ada kondisi lemah kandungan dll. Semoga Allah mudahkan bu Retno untuk hamil lagi dengan sehat dan melahirkan putra putri yang lucu.
05:40 14/05/2020