[Masalah Berat Badan]
agustin mr
Selamat siang, saya punya adik laki laki usia 9 tahun kelas 3 SD, berat badan 46 kg tinggi badan 135 cm. Dia susah diatur untuk pola makannya, bagaimana ya? Karna sekali makan itu 2 porsi piring
07:50 21/05/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo Kak Agustin, terimakasih sudah bertanya ke Dietducate.
Berdasarkan perhitungan, adik Anda termasuk kategori obesitas, berat ideal Adik 35 kg, sehingga perlu menerapkan penurunan berat badan dengan tetap memperhatikan kesehatan. Berikut tipsnya :
1. Makan dengan cara sadar/mindful eating. Kita perlu mengajari adik untuk mempertimbangkan baik buruknya makanan dan jumlah kalorinya sebelum kita memakannya. Tidak semua makanan mengandung makro dan mikro nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kita perlu memilih dan membatasi jumlahnya.
2. Berikan pendampingan, jangan menuruti kemauan adik. Makanlah dengan porsi yang secukupnya sesuai kebutuhan kalori adik.
3. Tidak ada cara yang instan dalam menurunkan berat badan. Penurunan yang baik berdasarkan penelitian dilakukan secara bertahap, yaitu turun sekitar 2 maksimal 4 kg dalam sebulan dan tergantung kekonsistenan
4. Melakukan aktivitas fisik dan olahraga 3-5x/minggu dengan durasi 30-60 menit tergantung jenis olahraga yang disenangi apa. Untuk Adek, misalnya ikut ekstrakulikuler basket, renang atau sepak bola.
Apakah sudah paham, bila belum paham dapat ditanyakan di kolom chat ini ya, semoga membantu :)
13:25 11/07/2020