[Masalah Berat Badan]
anonim
Apa yang harus saya hindari atau kurangi dari makanan saya? Berat badan saya 69 dan tinggi badan saya 161 saya merasa pra obesitas karena perut saya buncit
17:55 21/05/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih telah berkonsultasi ke dieducate.
Berdasarkan indeks massa tubuh Anda 26,6 kg/m2 termasuk kategori pre- obesitas, BB ideal 56 kg, BB normal di range 48 - 64 kg, sehingga perlu menerapkan penurunan berat badan dengan tetap memperhatikan kesehatan. Berikut tipsnya :
1. Makan dengan cara sadar/mindful eating. Kita perlu mempertimbangkan baik buruknya makanan dan jumlah kalorinya sebelum kita memakannya. Tidak semua makanan mengandung makro dan mikro nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kita perlu memilih dan membatasi jumlahnya. Biasakan untuk membaca label pada makanan. Label makanan sudah tercantum berapa kalori tiap sajian, dari situ Anda tau perlu atau tidaknya mengkonsumsi makanan tersebut.
2. Makanlah makanan yang sesuai atau kurang dari kebutuhan kalori tubuh, tergantung kondisi Anda. Oleh karena itu perlunya assesment untuk menentukan kebutuhan kalori harian Anda.
3. Tidak ada cara yang instan dalam menurunkan berat badan. Penurunan yang baik berdasarkan penelitian dilakukan secara bertahap, yaitu turun sekitar 2 maksimal 4 kg dalam sebulan dan tergantung kekonsistenan Anda.
4. Defisit kalori adalah kunci. Jadi makan dengan kalori kurang dari kebutuhan tubuh dan di perbanyak aktivitas fisik serta melakukan olahraga 3-5x/minggu dengan durasi 30-60 menit tergantung jenis olahraga yang disenangi apa. Baiknya olehraga juga difokuskan untuk pengecilan di bagian perut seperti sit up.
Apakah sudah paham? Bila ada yang ingin ditanyakan, Anda bisa bertanya di kolom chat ini ya. Semoga membantu :)
14:30 09/07/2020