[Masalah Berat Badan]
Sabrina Dini
Assalamu'alaikum saya ibu menyusui (dbf-ASIX) usia 28 tahun dengan berat badan sekarang 86kg tinggi badan 153cm, bagaimana cara agar kembali ke berat badan ideal saya? bagaimana cara untuk mengatur pola makan saya supaya tidak mempengaruhi produksi ASI?
17:37 24/05/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo Moms Sabrina, terimakasih telah berkonsultasi ke dieducate. Mohon maaf atas keterlambatannya karena sedang maintenance. Bagaimana kondisi sekarang, apakah masih menyusui?
Menyusui secara otomatis akan menurunkan berat badan bila mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh. Tidak dianjurkan melakukan diet ekstrim/pembatasan kalori makan saat menyusui karena berpengaruh terhadap produksi asi. Sebaiknya program penurunan berat badan dengan penurunan kalori makan setelah moms selesai menyusui. Coba cek kembali, asupan makan harian moms, karena kebutuhan kalori harian sekitar 2000 kkal, bila aktivitas Ibu ringan, lebih banyak menyusui di rumah.
Semoga membantu ya moms, bila ada pertanyaan dapat ditanyakan di kolom chat ini, terimakasih :)
15:20 09/07/2020