[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok, saya mau tanya mengenai berat badan saya yang terus naik sejak 4 tahun terakhir. tadinya saya susah banget dok mau naikin berat, maksimal berat 45 Kg sampai usia 18 tahun. sejak saya sakit dan minum obat dari dokter saraf berat saya langsung nambah 5 Kg, dan dalam 5 tahun terakhir saya bertambah 25 Kg dok Saya terakhir mengkonsumsi obat itu kurang lebih 3 tahun lalu, nama obatnya saya tidak tau dok. Saya ga bisa kurus dengan bermacam macam diet yang saya lakukan dok, mengurangi porsi makan, diet mayo, olahraga, puasa dan belum ada yang berhasil.. Apakah ada cara untuk menurunkan berat saya dok?
16:37 12/03/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo,
Pertama-tama sebaiknya perlu diketahui dulu nama obatnya dan efek samping yang ditimbulkan karena bisa jadi itu menjadi salah satu pencetusnya.
Pada prinsipnya menurunkan berat badan adalah dengan membuat "keseimbangan energi negatif" atau apa yg masuk lewat makanan dan minuman lebih sedikit dari yang dikeluarkan melalui aktivitas fisik dan olahraga. Kalau boleh tahu, mengurangi porsi makan, diet mayo, olahraga, puasa yg sudah dilakukan sudah berapa lama dilakukan ya?
Karena memang penurunan BB yang baik maksimal 4kg/bulan; sekitar 0,5 - 1 kg/minggu. mengurangi porsi makan, dsb bs dilakukan dl secara konsisten selama 1 bulan, jk semuanya blm turun juga, maka perlu dicoba cara lain... mengurangi sumber karbohidrat misalnya? atau dengan menambah intensitas dan frekuensi olahraga?..
Terima kasih dan semoga membantu :)
16:46 12/03/2018
anonim
Terimakasih sudah menjawab saya dok. Yang saya ingat hanya obat memang ditujukan untuk meningkatkan berat badan saya agar tidak mudah sakit atau drop, cuma spesifik nama obatnya saya tidak tahu karena obatnya sendiri banyak dok. Saat itu saya mengidap paraparesthesia dok dan punya gastritis kronis.
Saya sempat melakukan sebulan - 2 bulan tapi tidak ada efeknya, malah berat saya naik dok. jadi saya berhenti diet. Kalau saya tidak diet berat saya cenderung stagnan, sementara kalau saya diet dalam seminggu berat saya bisa naik 1 - 2 Kg. Saya sudah mencoba mengurangi karbohidrat juga dok, makan nasi sedikit, dan sekarang saya makan dalam frekuensi 1 hari 1x, maksimal 2 kali sehari. tapi berat saya tetap naik terus dok.
Jika memang kenaikan berat badan saya dicetuskan dari obat yang saya konsumsi, kapan obat itu berhenti memberikan efek ya dok? apa dalam 5 tahun obat itu masih ber-efek sementara saya sudah tidak mengkonsumsi obat itu kurang lebih 2 tahun.
16:59 12/03/2018