[Lainnya......]
Kurnia Rachmadani
Izin bertanya. Berapa batasan konsumsi vitamin c bagi tubuh dalam keadaan khusus?
12:15 01/06/2020
Tria Handayani, Amd.Gz ahligizi
terimakasih telah bertanya di dieteducate. dalam kondisi khusus seperti apa ya? kalau untuk atlet sekitar 200mg, untuk ibu hamil sekitar 85 mg, untuk ibu menyusui sekitar 120mg. kebutuhan vit c ini trgntung usia dan kondisi individu. batas maksimal konsumsi vit c untuk usia >19tahun adalah 2000mg
08:13 03/06/2020
Kurnia Rachmadani
Keadaan khusus saat sakit. Lalu vitamin C berfungsi untuk pembentukan kolagen. Di suplemen kecantikan banyak yang menggunakan vitamin C untuk menghasilkan kolagen. Pertanyaan saya, apakah adakah cara menghitung seberapa banyak kolagen yang berpengaruh untuk kecantikan? Lalu dosis yang tertera di setiap suplemen misal 500-1000 mg, jika dikonsumsi jangka panjang apa pengaruh baik dan pengaruh buruknya?
22:18 04/06/2020
Tria Handayani, Amd.Gz ahligizi
Saat sakit tubuh memang harus lebih banyak dalam mengkonsumsi vitamin C untuk mempertahankan sistem imun. Dosisnya sendiri lebih banyak dari orang normal, yang penting tidak melebihi batas maksimalnya yaitu 2000mg untuk dewasa >19. Fungsi lain dari vit c yatu membentuk kolagen, dimana vit c ini diperlukan utk membentuk bhn dasar kolagen yaitu hidroksiprolin. konsumsi vit C baiknya memang setiap hari karena vit C adalah vitamin yg larut air, konsumsi vit C dalam bentuk suplemen jika berlebihan jumlahnya lebih dari 2000 mg/hari dan dikonsumsi jangka panjang maka akan menimbulkan hiperoksaluria dan resiko batu ginjal, namun jika konsumsi vit C dalam bentuk makanan berlebih, kelebihannya akan dibuang melalui urin dan tidak menimbulkan gejala. Semoga bermanfaat.
12:38 03/11/2020