[Bayi & Balita]
yuliana ichi
dok anak saya usia 7 bulan, sejak batpil 2 minggu lalu, sampai saat ini dia tiba2 menolak minum susu baik dari botol, gelas dan lain sebagainya. saya coba ganti botol, dot dan susu jg ga ngaruh. udah saya kasih aphialys drop 3 hari belakangan ini jg sptnya tdk efek. fyi asi saya tidak ada, jadi terpaksa sejak lahir dia minum sufor. bb nya waktu lahir 3.4kilo dan sekarang hanya 6.9kilo dgn tinggi 66cm. yg mau saya tanya, boleh ga sih saya tinggalkan susu dan kasih dia solid food saja? atau adakah alternatif pengganti susu supaya tumbuh kembangnya tidak terganggu? krn ini membuat saya dan keluarga serta si bayi stress setiap pemberian susu. thx.
12:19 13/03/2018
Nurul Jamilah ahligizi
Halo Dear,
WHO dan UNICEF, organisadi kesehatan dan anak dunia merekomendasikan standar emas makanan bayi sebagai berikut : 1) IMD dan rawat gabung; 2) ASI eksklusif 3) MPASI berkualitas mulai usia 6 bulan 4) ASI dilanjutkan hingga usia 2 tahun atau lebih.
MPASI dimulai dari usia 6 bulan karena kebutuhan zat gizi bayi mulai usia 6 bulan semakin meningkat, sehingga ASI/susu saja tidak cukup dan perlu dicukupi oleh makanan padat.
Kecukupan zat gizi akan mempengaruhi tumbuh-kembang anak. Karena itu, akan sangat baik jika di usia ini bisa segera dimulai memperkenalkan makanan padat.
Kondisi sakit dapat mempengaruhi selera makan anak. sembari memperkenalkan dengan makanan padat, pastikan anak mendapatkan kenyamanan juga, karena kondisi sakit seperti batuk pilek pasti akan sangat tidak nyaman sehingga mempengaruhi perilaku makannya.
23:13 14/03/2018