[Kehamilan]
Devita Cahyamiranda
Makanan yang baik untuk ibu hamil
04:47 03/06/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
1. Salmon
Ikan salmon mengandung banyak DHA yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. DHA dalam salmon juga dapat membantu suasana hati ibu menjadi menyenangkan dan mencegah depresi.
2. Produk Susu Rendah Lemak
Mengkonsumsi susu atau produk olahan susu rendah lemak, seperti yogurt atau keju, penting bagi ibu hamil & menyusui. Vitamin D, vitamin B, dan protein yang terkandung di dalamnya merupakan sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Dianjurkan untuk meminum setidaknya 3 gelas susu rendah lemak setiap hari.
3. Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang tinggi, juga protein dan vitamin B-12. Ini baik untuk meningkatkan energi ibu hamil & menyusui agar selalu sehat dan tetap bersemangat.
4. Kacang-kacangan
Kacang merupakan salah satu sumber zat besi dan protein tinggi, terutama kacang yang berwarna gelap, seperti kacang hitam dan kacang merah. Ibu hamil & menyusui dianjurkan untuk mengkonsumi jenis kacang-kacangan seperti ini.
5. Buah Bluberi
Buah-buahan menjadi kebutuhan ibu hamil & menyusui dan sebaiknya dijadikan konsumsi sehari-hari. Salah satu buah yang dinilai terbaik untuk ibu hamil & menyusui adalah bluberi (blueberry) karena mengandung banyak vitamin dan mineral.
6. Beras merah mengandung kalori yang dibutuhkan ibu hamil & menyusui untuk menghasilkan susu berkualitas terbaik bagi sang buah hati.
7. Buah Jeruk
Jeruk yang kaya akan vitamin C merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan ini.
8. Telur
Telur adalah sumber protein yang baik bagi ibu hamil & menyusui. Dianjurkan untuk memilih telur yang diperkaya DHA agar kadar asam lemak esensial ASI meningkat.
9. Roti Gandum
Roti gandum mengandung asam folat, serat, dan zat besi yang baik untuk perkembangan dan kesehatan bayi dan ibu.
10. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli mengandung vitamin A yang baik untuk bayi dan ibu. Sayuran hijau juga merupakan sumber kalsium non-susu yang mengandung vitamin C dan diperkaya antioksidan serta rendah kalori.
11. Sereal Gandum Utuh
Diperkaya dengan vitamin dan nutrisi, sereal gandum dianjurkan untuk dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari, berguna pula untuk meningkatkan energi sang ibu.
12. Air Putih
Ibu hamil & menyusui sangat berisiko mengalami dehidrasi. Maka, memenuhi kebutuhan air putih menjadi hal yang sangat penting.
23:51 25/06/2020