[Lainnya......]
Yulia Harnawati
Diet untuk obesitas gimana?
05:31 03/06/2020
Hai sobat Gizi:
Berapa kebutuhan kalori untuk orang gemuk supaya berat badan turun?
Sebelum menjalani diet untuk mengatasi obesitas, tentu harus diketahui dulu berapa jumlah kebutuhan kalori yang dibutuhkan dalam sehari.
Untuk menghitung berapa banyak kebutuhan kalori yang dibutuhkan, maka sebelumnya harus diketahui dulu berapa berat idealnya. Setelah itu, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori yang dibutuhkan saat ini supaya berat badan bisa turun.
Cara menghitung berat badan ideal:
Cara menghitung berat badan ideal yang paling umum adalah dengan rumus brocca yakni:
Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]
Misalnya, Anda mempunyai tinggi badan 161 cm, dan beratnya 77 kg. Maka, berat badan ideal yang seharusnya Anda miliki adalah (161 cm – 100) – [(161 cm – 100) x 10%] = 54,9 kg.
Cara menghitung kebutuhan kalori dasar:
Jika sudah didapatkan berapa berapa berat badan ideal, maka angka tersebut dapat dimasukkan ke dalam hitungan kebutuhan kalori. Perhitungan ini biasanya juga akan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis kelamin serta intensitas aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari.
Untuk mengetahui berapa kebutuhan kalori yang dibutuhkan, Anda dapat menggunakan kalkulator kebutuhan kalori ini.
Bila memang berat badan saat ini dengan berat badan ideal terlampau jauh, maka akan menghasilkan perbedaan asupan kalori yang cukup jauh juga. Maka itu, biasanya pengurangan kalori akan dilakukan bertahap hingga mencapai angka kebutuhan kalori yang sesuai dengan berat badan ideal.
Kalori yang akan dipangkas selama terapi diet ini dilakukan adalah antara 500-100 kalori. Terapi diet yang dilakukan ini disebut dengan diet rendah kalori yang cukup diandalkan untuk mengatasi obesitas atau kegemukan.
& yg terakhir adalah Memilih bahan makanan yg tepat u/ mengatasi obesitas sbb:
1.Karbohidrat:
Untuk asupan karbohidrat, pilihlah bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang penuh serat seperti oats, pasta dari gandum, nasi merah, quinoa, roti gandum dan kentang. Hindari pemilihan jenis karbohidrat yang mengandung gula sederhana.
2. Tidak lupa, sayur dan buah sebagai komponen makanan paling penting untuk orang obesitas. Selain mengandung karbohidrat sebagai energi, sayur dan buah juga mengandung serat yang sangat dibutuhkan tubuh.
3. Protein
Ada 2 jenis protein yang bisa dikonsumsi, protein nabati, dan protein hewani. Protein nabati seperti tahu dan tempe yang sering Anda jumpai. Sedangkan untuk protein hewani pilihlah jenis protein yang cenderung rendah lemak, seperti ikan dan daging ayam tanpa kulit.
4. Kurangi konsumsi daging merah. jeroan binatang, dan sumber makanan yang mengandung protein dengan digoreng-goreng.
5. Lemak
Sumber lemak biasanya didapatkan dari berbagai jenis minyak. Maka itu, pilihlah jenis minyak yang sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, dan minyak alpukat.
Hindari makanan yang digoreng, karena mengandung lemak trans dan lemak jenuh tinggi yang bisa menambahkan timbunan lemak tubuh.
#Trmksih
#Salam
Cara menghitung berat badan ideal:
Cara menghitung kebutuhan kalori dasar:
1.Karbohidrat:
3. Protein
5. Lemak
#Trmksih
#Salam
05:27 30/06/2020