[Anak Sekolah & Remaja]
aqilla ristariani
Selamat malam. saya mau bertanya, diet yang paa utk anak remaja itu seperti apa ya?
12:29 04/06/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hai sobat Gizi:
1. Pilih makanan yang mudah dan cepat untuk sarapan sehingga Anda tidak perlu banyak berkutat memikirkan apa yang harus Anda makan di pagi hari yang super sibuk. Remaja membutuhkan banyak biji-bijian setiap hari, sehingga sandwich roti gandum dengan selai kacang atau irisan alpukat dan telur rebus merupakan pilihan yang baik. Tambahkan segelas susu skim dan beberapa potong buah segar untuk dorongan kalsium dan vitamin. Overnight oats — tren makanan sehat belakangan ini; campuran dari yogurt, oats, granola, dan buah — adalah pilihan cepat (Anda dapat membuatnya di malam sebelumnya); sama halnya dengan sepiring telur orak-arik atau omelette dengan sosis atau dada ayam panggang, atau semangkuk sereal siap saji dengan susu rendah lemak dan isian potongan buah segar.
Minum segelas air putih daripada secangkir kopi atau teh di pagi hari. Jus buah mengandung banyak kalori (kecuali buatan sendiri, tanpa tambahan gula dan susu), jadi batasi asupannya.
2. Camilan sehat untuk remaja:
Remaja akrab dengan yang namanya camilan. Tapi, ngemil tidak selamanya bikin gemuk. Caranya adalah dengan memastikan makanan lezat tapi sehat selalu siap sedia di rumah ketika Anda menginginkannya. Pastikan ada banyak pilihan camilan yang juga dapat memberikan kebaikan sama besarnya bagi tubuh dengan makanan utama.
Anda bisa pilih antara setengah batang dark chocolate berkualitas baik, semangkuk campuran kacang dan biji-bijian tanpa garam, yogurt, popcorn gurih, atau buah-buahan kering (kismis, sultana); satu buah pisang atau irisan apel dan selai kacang; atau keripik buah favorit Anda.
3. Makan siang mengenyangkan untuk remaja:
Daripada jajan sembarangan, mengapa tidak mulai bawa bekal ke sekolah? Bekal makanan adalah jaminan pasti dari pemenuhan gizi yang terkontrol baik. Persiapkan menu makan siang Anda di malam sebelumnya.
Ramu menu makan siang dengan paduan protein dan karbohidrat pati. Makanan berkarbohidrat kosong hanya akan menyuplai tubuh Anda dengan pasokan energi sementara, sehingga Anda lebih cepat mengantuk di sore hari ketika tubuh kehilangan energi. Kuncinya, pilih karbohidrat sehat yang mendukung keseimbangan gula darah. Artinya, jauh-jauh dari roti tawar atau segunung porsi nasi!
Pilih sandwich roti gandum yang dilapisi dengan irisan daging sapi, salmon, tuna, kalkun, atau dada ayam, ditemani dengan semangkuk salad buah segar atau coba lumpia versi sehat: isi kulit lumpia basah dengan irisan daging sapi atau ayam tanpa lemak bersama irisan timun, toge, tomat, dan saus asam manis. Minum segelas jus buah asli (tanpa gula dan susu) atau susu skim. Hindari soda atau minuman manis lainnya.
4. Makan malam sehat tanpa harus khawatir:
Tidak ada masalah dengan makan di malam hari, asal jaga porsinya. Remaja pada umumnya perlu 150 gram protein setiap hari.
Penuhi (setidaknya) setengah dari piring makan malam Anda dengan warna-warni buah dan sayuran. Dampingi asupan vitamin dan mineral dari keduanya dengan dorongan protein dari kacang dan biji-bijian. Nasi goreng mentega dengan isian bayam dan kacang polong, quinoa dengan tumisan sayuran, atau pasta whole-wheat dengan saus tomat adalah pilihan yang baik.
Sediakan air putih sebagai teman makan malam Anda. Menjelang waktu tidur, tidak ada salahnya untuk ngemil. Pilih setengah cangkir yogurt bebas lemak dengan toping buah, atau satu scoop eskrim low-fat favorit Anda.
5. Merencanakan diet sehat bukan berarti membosankan:
Merencanakan diet sehat hanya salah satu cara untuk mengelola hidup Anda lebih baik lagi. Untuk tetap sehat dan tetap menjaga tubuh dalam kondisi terbaiknya, Anda harus mulai makan banyak buah dan sayuran segar, dan melakukannya secara konsisten.
Jangan lupa berolahraga, ya!
#Trmksih
#Salam
13:56 01/07/2020