[Kehamilan]
Novira Dian
Saya sedang merencanakan program kehamilan sekarang ini tetapi juga selalu pilah pilih makanan yg saya konsumsi karena jujur saja saya takut gemuk.. Pola makan seperti apa yg dbutuhkan untuk program kehamilan yg sehat tetapi juga tetap menjaga berat badan ideal? Terimakasih sebelumnya
15:28 13/03/2018
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Halo selamat pagi.
Terimakasih sudah menggunakan layanan ahligizi.
Memang menjaga Berat Badan (BB) tetap dalam kondisi normal juga perlu dilakukan sebelum kehamilan. Untuk pemilihan makanan terutama bagi yang sedang menjalankan program kehamilan, ditujukan untuk meningkatkan kualitas sel telur dan sel sperma agar pembuahan dapat terjadi dengan baik. Selain itu, bagi calon ibu, tujuan lainnya adalah untuk mempersiapkan tubuh selama kehamilan dengan kecukupan zat gizi. Adapun zat gizi yang diperlukan antara lain :
1. Cukup energi. Upayakan konsumsi karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah seperti nasi merah, oat, atau jika memilih roti bisa memilih yang mengandung gandum utuh. Sebaiknya hindari jenis karbohidrat yang refined seperti tepung dan olahannya. Untuk lemak, upayakan konsumsi lemak tak jenuh seperti buah alpukat, zaitun. Hindari lemak jenuh karena dapat menurunkan kualitas sel telur dan sperma.
2. Konsumsi zat besi yang cukup dari sumber makanan seperti hati, daging merah, dan sayuran hijau.
3. Konsumsi kacang-kacangan juga baik untuk kesuburan karena mengandung zink. Kacang-kacangan juga mengandung asam folat yang dapat mencegah janin yang akan dikandung nanti terkena risiko neural tube deffect. Selain itu, folat juga berperan dalam sintesis DNA.
4.konsumsi antioksidan seperti vitamin E yang banyak terdapat di kacang-kacangan, taoge, dan biji-bijian. Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat membantu menjaga kualitas sel telur dan sperma.
semoga bermfaat.
09:22 14/03/2018