[Masalah Berat Badan]
Arum Saen
Halooo, saya wanita 24 tahun. Beberapa bulan ini berat badan saya turun 3-4 kg dalam waktu kurang dari 2 bln. Biasanya berat badan saya 46-47, sekarang menjadi 43
Saya ingin mengembalikan berat badan saya, lalu makanan apa yng harus saya konsumsi ?
13:49 08/06/2020
Rian Friolga, S.Gz ahligizi
selamat sore, trimakasih bertanya di ahligiziid.
Bagi remaja dan dewasa, berat badan ideal didefinisikan sebagai berat badan yang masuk ke dalam rentang nilai 18.5-24.9 pada satuan Indeks Massa Tubuh (IMT). Cara mendapatkan angka tersebut cukup mudah, hanya dengan mengetahui berat badan Anda dalam satuan kg dan tinggi badan Anda dalam satuan meter.
angka kecukupan gizi(AKG) golongan umur jenis kelamin wanita indonesia rentang umur 20-45 tahun sebagai berikut :
a. berat badan 54 kg
b. tinggi badan 156 cm
c. energi kkal 2200 kkal
d. protein 48 gr
e. vitamin A 500 RE
melihat BB nya jauh dr kecukupan yg seharusnya, dan mengalami penurunan BB saya saranin untuk melakukan diet tinggi kalori tinggi protein (TKTP) dan melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Diet TKTP adalah diet yang mengandung energi dan protein di atas kebutuhan normal. Diet diberikan dalam bentuk makanan biasa ditambah bahan makanan sumber protein tinggi seperti susu, telur, dan daging.
sedangkan kegiatan PHBS diantaranya melakukan kegiatan fisik 30 menit/hari, mengkosumsi buah dan sayuran dan istirahat yg cukup 8 jam/hari.
Apakah tujuan diet TKTP?
1.Memenuhi kebutuhan energi dan protein yang meningkat
2. mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan tubuh
3. Menambah berat badan hingga mencapai berat badan normal
Makanan yang dapat mengurangi nafsu makan :
1. Makanan yang terlalu manis, gurih, dan berlemak seperti : permen, dodol, wajik, cake (kue)
Bahan Makanan Dianjurkan :
1. Sumber Karbohidrat : nasi, roti, mie, makaroni, puding, ubi, karbohidrat sederhana seperti gula pasir.
2. Sumber protein : daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, dan hasil olahan seperti keju dan yoghurt
3. Sumber protein nabati : semua jenis kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu
4. Sayuran : semua jenis sayuran, terutama jenis B seperti bayam, buncis, daun singkong, kacang panjang, labu
siam, dan wortel direbus, dikukus atau ditumis
5. Buah : semua jenis buah segar, jus buah
6.Lemak dan minyak : minyak goreng, mentega, margarin, santan encer
7. Minuman : madu, sirup, teh dan kopi
8. Bumbu : bumbu tidak tajam, seperti bawang merah, bawang putih, laos, salam, kecap.
Bahan Makanan Tidak Dianjurkan :
1. Sumber protein : dimasak dengan banyak minyak atau kelapa/santan kental
2. Sumber protein nabati : dimasak dengan banyak minyak atau kelapa/santan kental
3. Lemak dan minyak : santan kental
4. Bumbu : bumbu yang tajam, cabe dan merica
Bagaimana Mengatur Diet ini :
1. Kebersamaan makan dalam keluarga dan suasana makan dapat membantu meningkatkan selera makan
2. Untuk memudahkan penyelenggaraan makanan, tambahan energi dan protein diberikan berupa lauk dan susu yang ditambahkan pada makanan biasa
3. Usahakan makan 6x sehari dengan pengaturan 3x (pagi,siang,sore) makanan utama dan 3x selingan (sesudah makan pagi, siang, malam)
semoga dapat membantu, trimakasih.
17:22 09/06/2020
Rian Friolga, S.Gz ahligizi
saya tidak menganjurkan memakai susu produk apa, tp klo di tanya pakai susu apa untuk diet TKTP. saya sebagai ahli gizi rumah sakit daerah tempat saya bekerja menggunakan susu peptisol, bisa di dapatkan di toko apotek terdekat.
semoga dapat membantu.
18:42 10/06/2020