[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Selamat pagi Bapak/Ibu Ahli Gizi. Saya ingin bertanya, apabila maagh akut, bukannya minum susu disarankan ya? Karna susu kan bersifat basa sehingga bisa mengurangi asam lambung. Terimakasih
09:59 14/03/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Selamat Pagi.
Terima kasih telah bertanya kepada Alhigizi.ID.
Tujuan diet untuk pendierita gastritis (maag) adalah:
1. Meringankan beban kerja saluran pencernaan
2. Membantu netralisir kelebihan asam lambung
3.Memberikan makanan dengan zat gizi adekuat dan tidak merangsang
Salah satu makanan yang dibatasi pada saat pasien mengalami maag akut adalah menghindari makanan yang mengandung cukup banyak lemak. Salah satunya adalah susu full cream/whole milk. Susu yang dapat dikonsumsi adalah susu yang rendah lemak, pilihlah susu skim, low fat milk, free fat milk, atau susu nabati seperti susu kedelai.
Saat infeksi nya sudah mereda dan kondisi pasien pulih makan konsumsi kembali pada diet keseharian. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada artikel dibawah ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/4/1/Diet-Gastritis-(Maag)
Semoga bermanfaat. :)
Salam sehat.
11:50 16/03/2018