[Diet Maag (Gastritis)]
Julian Hardiyanti Pertiwi
Selamat Pagi Bapak/Ibu Ahli Gizi. Pada penderita maagh apakah diperbolehkan setiap pagi minum air hangat lemon? Terimakasih.
10:02 14/03/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Hai Julian, Terimakasih sudah mengunjungi AhliGiziID.
Seperti diketahui bersama pH dari air lemon bersifat asam di suhu ruangan dengan kisaran 2-3. Akan tetapi saat ini menjadi informasi yang populer bahwa air lemon bersifat basa ketika masuk ke dalam tubuh.
Namun informasi yang mengatakan demikian masih belum terbukti secara ilmiah, perubahan zat makanan di dalam tubuh sangatlah kompleks dan perubahan pH banyak terjadi di dalam darah, itupun sudah tidak dalam bentuk makanan melainkan sari-sari makanan (zat gizi) dari berbagai makanan.
kami merekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi air lemon di pagi hari pada saat perut kosong karena hal tersebut akan semakin meningkatkan pH lambung dan menyebabkan perih pada penderita Maag.
Mengkonsumsi air lemon tidak dilarang akan tetapi perhatikan waktu konsumsinya, sebisa mungkin saat perut tidak kosong.
lebih lanjut tentang diet pada Maag bisa dibaca di artikel ini https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/4/terbaru_terpopuler/Diet-Gastritis-(Maag)
semoga bermanfaat :-)
10:21 14/03/2018
Julian Hardiyanti Pertiwi
Terimakasih informasinya. Lalu, untuk orang yang tidak memiliki maagh, dan penyakit tertentu, apakah minum air hangat lemon di pagi hari diperbolehkan? Karna saya pernah mendengar bahwa air hangat lemon bagus untuk metabolisme. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan. Terimakasih.
10:42 14/03/2018
diperbolehkan, tidak ada masalah. Air Lemon banyak mengandung vitamin C (88% AKG)
12:24 14/03/2018