[Lainnya......]
Retno Lestarini
Makanan apa yang boleh dimakan oleh penderita gagal ginjal?
01:24 17/06/2020
Fitri Fathonah Wahyu Pamungkas, S. Gz.  ahligizi
Jika pasien belum melakukan cuci darah (hemodialisis), pilihkan jenis makanan yang rendah kandungan protein dan garam.
Untuk lauk, pilihan dari lauk hewani saja seperti ayam/ikan/ daging/ telur 1 potong setiap makan.
Batasi dulu untuk tidak mengonsumsi tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
Untuk sayur, rebus dulu, buang airnya, baru diolah dengan cara ditumis.
Jika masih bisa buang air kecil. Maksimal konsumsi cairan pernah hari adalah 3-4 gelas belimbing.
09:03 17/06/2020