[Kehamilan]
Muji Triyani
Apa penyebab dan bahayanya jika ibu hamil memiliki kadar kolesterol tinggi?
15:37 30/06/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hai Sobat Gizi :
Penyebab ibu hamil memiliki kadar kolesterol tinggi > terjadi karena sel-sel lemak ibu hamil membesar ukurannya. Selain itu, lonjakan kadar hormon progesteron saat hamil juga menyebabkan kolesterol semakin meningkat.
Adakah Bahaya Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil?
Jika sebelum hamil kadar kolesterol ibu cenderung normal dan baru meningkat semasa kehamilan, pada umumnya hal tersebut tidak memberikan dampak berbahaya sehingga tidak perlu diobati.
Akan tetapi, jika kolesterol tinggi telah terjadi sebelum adanya kehamilan, maka risiko terjadinya komplikasi selama hamil bisa saja meningkat. Beberapa komplikasi yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1. Preeklampsia
Dislipidemia atau kolesterol tinggi yang dialami sebelum kehamilan terjadi bisa meningkatkan risiko preeklampsia.
Apa itu? Preeklampsia atau dikenal dengan istilah keracunan dalam kehamilan merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi dan kebocoran protein pada air seni.
Jika dibiarkan, preeklampsia dapat berlanjut menjadi eklampsia. Gejala eklampsia serupa dengan preeklampsia, namun diperparah dengan adanya kejang-kejang. Kondisi ini bisa mengancam keselamatan ibu maupun janin di dalam kandungan.
2. Persalinan Prematur:
Studi yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa ibu hamil yang mengalami kolesterol tinggi sebelum kehamilan memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi untuk melahirkan secara prematur.
Hal tersebut bisa terjadi karena kolesterol tinggi dapat menimbulkan berbagai komplikasi dalam kehamilan, yang berujung pada persalinan sebelum waktunya (prematur).
3. Diabetes Gestasional
Diabetes gestasional adalah penyakit kencing manis yang terjadi akibat kehamilan. Peningkatan gula darah pada kasus diabetes gestasional dapat memicu persalinan prematur.
Selain itu, diabetes gestasional juga bisa membuat bayi berukuran besar (makrosomia). Hal ini dapat mempersulit proses persalinan nantinya.
Kolesterol tinggi sebelum hamil meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional. Demikian pula sebaliknya, diabetes gestasional dapat menyebabkan kolesterol ibu hamil melonjak tinggi.
Itu dia beragam bahaya kolesterol tinggi pada ibu hamil. ????????????
#Salam
19:25 30/06/2020