[Masalah Berat Badan]
Warta Al Irsyad Jember
Apakah saat kita tetap memakan nasi dalam kegiatan diet tetapi, juga di hitung kalorinya agar tidak berlebihan tetap bisa menurunkan BB atau tidak?
22:28 30/06/2020
Yunita Budiarti, S.Gz ahligizi
Selamat sore, terima kasih atas pertanyaannya dan mohon maaf baru merespon pertanyaan Anda.
Jika Anda sedang melakukan diet rendah kalori untuk penurunan berat badan dan masih memakan nasi itu tidak menjadi masalah asalkan takaran/porsi nya sesuai dengan kebutuhan per hari Anda. Nasi adalah salah satu karbohidrat komplek yang masih dibutuhkan oleh tubuh. 100gr nasi mengandung energi 180kkal, lemak 0,30 gr, protein 3 gr, dan karbohidrat 39,8 gr. Sebelum makan nasi dianjurkan untuk mendinginkan nasi nya terlebih dahulu (jangan langsung memakan nasi hangat yang keluar dari alat penanak nasi/magic com), tujuannya agar kandungan gula & kalori yang terkandung dalam nasi bisa turun sehingga lebih aman untuk diet. Jangan lupa selalu terapkan PGS (Prinsip Gizi Seimbang) dimana selalu mengutamakan anekaragam jenis makanan dan minuman (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral) yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup agar kalori sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan berat badan.
SARAN :
1. Mantapkan niat diet dengan baik
2. Mencari tahu info diet secara seksama
3. Lakukan prinsip diet yang benar dengan tetap memperhatikan PRINSIP GIZI SEIMBANG
4. Konsultasikan dengan Pengawasan Ahli Gizi
Sekian dan Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat
17:17 01/07/2020