[Lainnya......]
Felicia Christiany
Halo, Saya ingin bertanya kepada bapak/ibu ahli gizi,
Apakah benar rasa nyeri haid dapat dikurangi dengan pengaturan pola makan bergizi? Apakah ada kaitan antara haid dengan nutrisi?
Terima Kasih
23:28 15/03/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Felicia
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Pengaturan gizi yang tepat bisa membantu mengurangi nyeri haid. Beberapa buku dan studi menyebutkan bahwa konsumsi vitamin B6, kalsium dan magnesium yang tercukupi dapat membantu mengurangi gejala pre-menstrual syndrome, termasuk nyeri saat haid.
Jadi, saat masa menstruasi sebaiknya perhatikan agar kita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6, kalsium dan magnesium ya.
Makanan- makanan tersebut diantaranya:
- Makanan protein hewani yaitu, daging ayam, ikan dan daging sapi
- Susu dan produk susu, misalnya keju atau yoghurt
- Sayur bayam, serta
- Kacang-kacangan dan olahannya, misalnya kacang kedelai & kacang tanah, atau olahannya misalnya tempe, tahu dan selai kacang tanah.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
10:54 28/04/2018