[Masalah Berat Badan]
Aryan Dirly
Saya ingin tanya dok.. Saya Wanita usia 32.dengan tinggi 152cm dn bb 88kg. Sy masuk dlm kategori obesitas tipe 2..diet yg bagaimana yg cocok dg saya dok.. Mengingat saya adalah pekerja kantoran dan jrg sekali gerak.. Terima kasih sebelumnya.
18:07 08/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih telah berkonsultasi ke dieducate.
Berdasarkan indeks massa tubuh Anda, termasuk kategori obesitas, sehingga perlu menerapkan penurunan berat badan dengan tetap memperhatikan kesehatan. Berikut tipsnya :
1. Makan dengan cara sadar/mindful eating. Kita perlu mempertimbangkan baik buruknya makanan dan jumlah kalorinya sebelum kita memakannya. Tidak semua makanan mengandung makro dan mikro nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kita perlu memilih dan membatasi jumlahnya. Biasakan untuk membaca label pada makanan. Label makanan sudah tercantum berapa kalori tiap sajian, dari situ kakak tau perlu atau tidaknya mengkonsumsi makanan tersebut.
2. Makanlah makanan yang sesuai atau kurang dari kebutuhan kalori tubuh.
3. Tidak ada cara yang instan dalam menurunkan berat badan. Penurunan yang baik berdasarkan penelitian dilakukan secara bertahap, yaitu turun sekitar 2 maksimal 4 kg dalam sebulan dan tergantung kekonsistenan Anda.
4. Defisit kalori adalah kunci. Jadi makan dengan kalori kurang dari kebutuhan tubuh dan di perbanyak aktivitas fisik serta melakukan olahraga 3-5x/minggu dengan durasi 30-60 menit, Bisa setelah pulang kerja, atau sebelum berangkat kerja.
Bila sudah paham, kak Aryan dapat melakukan diet secara bertahap, tahap dan target 1 adalah mengubah kebiasaan makan kakak.
Kalori yang saya tetapkan untuk tahap 1 sebesar 1600 kal, target berat badan turun 1-2 kg tergantung kekonsistenan.
Sarapan pagi 06.00 - 09.00 Nasi 1 centong 100 gram, telur dadar 1buah+ sayur pecel, bumbu pecel 1/2 porsi.
Selingan Pagi : buah pisang 1 buah
Makan siang : Nasi 1 centong nasi 100 gr, ikan kakap asam manis 1 potong+ tempe goreng+sup buncis wortel 1 mangkok
Selingan sore : buah melon 2 potong
Makan malam : Nasi 3/4 centong 80 gr, pepes kakap tahu+teri 1 bungkus, sayur asem+1 mangkok,
Berikut contoh menu dan porsi makan untuk kakak, menu bisa dikembangkan dan disesuaikan sendiri ya kak. Jangan lupa konsumsi banyak sayur, berdasarkan penelitian sayur dapat mengubah kebiasaan kakak yang gampang lapar, minum cukup 1,5 liter setiap hari, istirahat cukup 7-8 jam hindari begadang, dan hindari stress/banyak pikiran, meditasi merupakan kunci agar pikiran lebih tenang.
Bagaimana kak Adyan, apakah sudah paham? Bila ada yang ingin ditanyakan, kakak bisa bertanya di kolom chat ini ya.
Semoga membantu ya :)
13:03 11/07/2020
Aryan Dirly
Terima kasih dok atas penjelasannya.sangat membantu saya dlm penurunan berat badan.sukses selalu dok.
02:51 10/07/2020
Halo kak Aryan, apakah hari ini sudah memulai pengaturan makannya? Sampaikan pengaturan makan kakak pada saya ya melalui kolom chat ini.
Semoga program penurunan berat badan kakak dapat berhasil. 1-2 kg per bulan sudah bagus sekali. 1 tahun bila konsisten, bisa turun 12 kg, bonus badan bugar dan sehat bila dibarengi dengan olahraga.
11:01 10/07/2020
Aryan Dirly
Iy dok saya sudah mnjlnkn program yg dokter sarankan. Alhamdulillah tubuh sy smkin enteng dan bugar.tapi saya belum menimbang bb lagi dok.. Yg terpenting tubuh saya smkin bugar dan sehat..
11:30 11/07/2020
Aryan Dirly
pagi saya sarapan oat. Susu dan pisang. Lalu makan siang.saya makan 100gr nasi. Sayur sop. Dada ayam panggang. Cemilan saya 2 kali sehari dok. Tiap jam 10 dan jam 4 sore. Saya nyemil buah. Lalu makan malam saya makan omelet oat sayur.. Tahu panggang Dan buah pepaya.. Itu dok pengaturan makan saya
18:54 11/07/2020
Halo selamat Siang kak Aryan, Apakah masih menjalankan program penurunan BB? Bagaimana hasilnya ?
12:47 29/07/2020
Aryan Dirly
Alhamdulillah dok saya masih trus menjalankan program dari dokter.. Saya tidak berpatokan ke timbangan dok.. Tapi ke baju2 lama yang akhirnya muat lagi dok... Juga badan saya menjadi lebih bugar dari sebelum diet. Trima kasih dok atas panduannya.
19:18 09/08/2020
Selamat ya perlu di apresiasi perkembangannya :)
Untuk bulan ke 2 bila, tidak ada masalah di lambung, karbo nasi bisa diganti dengan yang tinggi serat seperti jagung/kentang/oat/nasi merah untuk tiap kali makan kak.
Sama2 kak Aryan. Terimakasih juga sudah mau berjuang untuk hidup yang lebih sehat :)
09:39 10/08/2020
Aryan Dirly
Terimakasih dok atas sarannya.ini saya mau mencoba nasi merah dok.dan akan trus menjalankan diet hidup sehat.
07:37 30/09/2021