[Masalah Berat Badan]
Lulu prasetiawan
Apa yang harus saya lakukan ketika memulai diet?saya perempuan bb 98 tb 160.gol darah a.
09:41 09/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih telah berkonsultasi ke dietducate.
Berdasarkan indeks massa tubuh Anda, termasuk kategori obesitas, sehingga perlu menerapkan penurunan berat badan dengan tetap memperhatikan kesehatan. Berikut tipsnya :
1. Makan dengan cara sadar/mindful eating. Kita perlu mempertimbangkan baik buruknya makanan dan jumlah kalorinya sebelum kita memakannya. Tidak semua makanan mengandung makro dan mikro nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kita perlu memilih dan membatasi jumlahnya.
2. Makanlah makanan yang sesuai atau kurang dari kebutuhan kalori tubuh.
3. Tidak ada cara yang instan dalam menurunkan berat badan. Penurunan yang baik berdasarkan penelitian dilakukan secara bertahap, yaitu turun sekitar 2 maksimal 4 kg dalam sebulan dan tergantung kekonsistenan Anda.
4. Defisit kalori adalah kunci. Jadi makan dengan kalori kurang dari kebutuhan tubuh dan di perbanyak aktivitas fisik serta melakukan olahraga 3-5x/minggu dengan durasi 30-60 menit tergantung jenis olahraga yang disenangi apa.
Bila ingin melakukan pengaturan makan untuk menurunkan berat badan, kami perlu mengetahui beberapa data dari Anda :
1. Berapa berat badan dan umur Anda sekarang?
2. Olahraga apakah yang Anda lakukan secara rutin? Misalnya : jogging 30 menit 1x seminggu
3. Jelaskan secara singkat kebiasaan makan Anda, jenis makanan dan porsinya dalam sehari (contoh makan pagi : nasi 2 centong lauk ayam goreng sayur sop, snack pagi : ngemil gorengan 3 buah, makan siang nasi padang es teh manis, snack sore roti 2 lmbr+keju, makan malam nasi goreng telor 1 porsi dan es teh)
4. Apakah Anda mempunyai penyakit/sakit? contoh : sakit diabet
Mohon dijawab agar saran pengaturan makan dari saya sesuai dengan kondisi Anda. Semoga membantu. Terimakasih
11:06 11/07/2020