[Lanjut Usia]
anonim
Bagaimana cara memberi menu harian pada orang tua saya yang sudah lanjut usia, karena beliau hanya makan 2 kali sehali, dok?
14:28 16/03/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Halo, terimakasih sudah mengunjungi AhliGiziID
tidak ada yang masalah dengan makan 2 kali sehari atau 3 kali sehari asal kebutuhan energinya terpenuhi selama sehari.
Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan untuk lansia (65-80 tahun) adalah 1900 kkal untuk laki-laki dan 1550 kkal untuk perempuan.
perhatikan aspek pemenuhan zat gizi terutama serat agar terhindar dari sembelit. selain itu cukupi kebutuhan vitamin A & E seperti perbanyak mengonsumsi sayur dan buah bewarna agar tidak mudah sakit, namun apabila terlanjur sakit maka tingkatkan konsumsi protein seperti telur, ikan dan susu.
satu hal yang tak jauh penting adalah memperhatikan bentuk makanan. hendaknya makanann yang diberikan tidak terlalu kasar dan dihaluskan menyesuaikan dengan keutuhan gigi.
semoga Bermanfaat
10:33 18/03/2018