[Anak Sekolah & Remaja]
Dhea Christira
Halo dok, umur saya 18 tahun, saya ingin menurunkan berat badan. Berat badan skrng 65kg dan tinggi badan 160cm. Diet yang cocok ap ya dok?
14:06 09/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo Kak Dhea, terimakasih sudah bertanya di aplikasi dietducate.
Karena kak Dea masih remaja, tidak dianjurkan melakukan diet ekstrem. Diet yang cocok adalah diet dengan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan kalori tubuh dan diperbanyak aktifitas fisik.
Tipsnya :
1. Makan yang beraneka ragam sesuai pedoman gizi seimbang (sumber karbo, laukhewani+nabati, sayuran dan buah dalam satu kali makan)
2. Kurangi gula garam minyak, anjuran konsumsi gula sebanyak 4 sdm, jadi bila sudah minum boba 1x, tidak ada asupan gula dr makanan lain, karena boba mengandung tinggi gula,
minyak sebanyak 5 sdm, atau 5x digoreng/ tumis : jadi bila lauk sudah digoreng jangan makan gorengan lagi.
garam 1 sdt -> perhatikan garam tersembunyi seperti makanan awetan , sarden, frozen food, mie instan karena tinggi garam/pengawet,
3. Makanlah makanan yang sesuai kebutuhan kalori tubuh.
4. Tidak ada cara yang instan dalam menurunkan berat badan. Penurunan yang baik berdasarkan penelitian dilakukan secara bertahap, yaitu turun sekitar 1-2 kg dalam sebulan dan tergantung kekonsistenan Anda.
5. Perbanyak aktivitas fisik serta melakukan olahraga aerobik/zumba 3-5x/minggu dengan durasi 45-60 menit, setelah pulang sekolah
Contoh menu 1800 kkal
Sarapan pagi 06.00 Nasi 1 centong 100 gram, telur dadar 1buah+ sayur pecel, bumbu pecel 1/2 porsi, buah semangka 1ptg
Selingan Pagi : susu skim lowfat 1 buah
Makan siang : (Makan dikantin) Nasi 1 centong nasi 80 gr, ayam goreng+tempe goreng 1 potong+buncis+wortel 1 mangkok, buah semangka 1 ptg
Pulang sekolah/kuliah : aerobik
Selingan sore : yogurt lowfat 1cup+ buah 1 potong
Makan malam : Nasi 3/4 centong 80 gr, pepes kakap tahu 1 bungkus, sayur asem+1 mangkok
Semoga membantu :)
Tipsnya :
Contoh menu 1800 kkal
Selingan Pagi : susu skim lowfat 1 buah
Pulang sekolah/kuliah : aerobik
Semoga membantu :)
14:13 11/07/2020