[Anak Sekolah & Remaja]
Aprilia Setyowati
Assalamualaikum dok,saya umur 18thn,bb 63 tb 159.Makanan apa yg perlu saya konsumsi dok?
16:38 09/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo Kak Aprilia terimakasih sudah bertanya ke Dietducate. BB ideal kakak sekitar 55 kg.
Makanan yang perlu dikonsumsi :
1. Makan yang beraneka ragam sesuai pedoman gizi seimbang (sumber karbo, laukhewani+nabati), sayuran dan buah dalam satu kali makan.
2. Kurangi gula garam minyak, anjuran konsumsi gula sebanyak 4 sdm, jadi bila sudah minum boba 1x, jangan makan/minum yg mengandung gula lagi, karena boba mengandung tinggi gula dan kalori
minyak sebanyak 5 sdm, atau 5x digoreng/ tumis : jadi bila lauk sudah digoreng jangan makan gorengan lagi.
garam 1 sdt -> perhatikan garam tersembunyi seperti makanan awetan , sarden, frozen food, mie instan karena tinggi garam/pengawet,
3. Perbanyak aktivitas fisik serta melakukan olahraga aerobik/zumba 3-5x/minggu dengan durasi 45-60 menit, setelah pulang sekolah
Contoh menu 1800 kkal
Sarapan pagi 06.00 - 09.00 Nasi 1 centong 100 gram, telur dadar 1buah+ sayur pecel, bumbu pecel 1/2 porsi, buah pisang 1 potong
Selingan Pagi : yogurt 1 cup+ buah pisang 1 potong
Makan siang : Nasi 1 centong nasi 100 gr, ikan kakap asam manis 1 potong+ tempe goreng+sup buncis wortel 1 mangkok, buah semangka 1 ptg
Olahraga joging/zumba 45-60 menit
Selingan sore : susu skim lowfat tinggi kalsium 1 gelas
Makan malam : Nasi 3/4 centong 80 gr, pepes kakap tahu+teri 1 bungkus, sayur asem+1 mangkok, buah melon 1ptg
Semoga membantu ya :)
Makanan yang perlu dikonsumsi :
Contoh menu 1800 kkal
Olahraga joging/zumba 45-60 menit
Semoga membantu ya :)
15:06 11/07/2020