[Bayi & Balita]
anonim
Mau tanya dok.. Anak saya 19 bulan susah makan.. Apalagi kalau sakit.. Jadi berat badan gampanf turun.. Krn anaknya pun aktif.. Gimana caranya agar anak gampang makan dan tidak pilih2 makan.. Terimakasih
16:21 18/03/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Terimakasih telah bertanya kepada ahligizi.ID
Proses pengenalan makanan bervariasi dimulai sejak dini, mulai dari awal anak diperkenalkan makanan, yaitu usia 6 bulan. Setiap tahanpan proses makan, balita dikenalkan dengan berbagai jenis makanan sehingga anak mengenal makanan bervariasi sejak dini.
Bila anak ibu sudah usia 19 bulan susah makan dan suka memilih-milih makanan ada baiknya ibu rajin membuat makanan dengan tampilan yang menarik setiap hari. Cobakan berbagai jenis makanan pada menunya, dan lakukan secara berulang, untuk membuat anak terbiasa mengonsumsi jenis makanan tersebut.
Pada saat anak sakit, bila diikuti demam maka siapkan makanan dengan tekstur lebih lunak (bubur) naikkan secara bertahap sesuai dengan kondisi sakitnya.
Pilihkan makanan dengan densitas gizi yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan santan, minyak goreng, margarin misalnya pada nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng, opor ayam, sayur bobor dll. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan energi yang terkandung serta meningkatkan cita rasa yang mungkin lebih disukai oleh balita Ibu.
Selain itu ajaklah anak berkomunikasi, sampaikan nilai-nilai postif dari setiap makanan yang dikonsumsi. Berikan pengertian-pengertian yang sederhana yang dapat diterima oleh balita saat memberikan bahan makanan tertentu, misal "Adek ayo makan wortel, wortel baik lho untuk kesehatan mata adek".
Terakhir, ciptakan suasana makan anak yang menyenangkan. Jangan ada tekanan dan bentakan saat makan sehingga anak menikmati setiap waktu makannya.
Selamat mencoba.
Semoga berhasil.
Salam Sehat! :)
10:18 09/04/2018