[Masalah Berat Badan]
Warta Al Irsyad Jember
Bagaimana cara menurunkan berat bada tanpa Olahraga dan menghitung kalori?
21:59 11/07/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hai sobat gizi > Trmksih sdh bertanya di Dietducate:
Cara menurunkan berat badan tanpa Olahraga:
Memang berat badan tidak akan serta merta mengalami penurunan yang drastis. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan:
1.Mengunyah makanan pelan-pelan
Menguyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit. Ulasan dari 23 observasi penelitian yang dikutip Authority Nutrition, menemukan bahwa pemakan cepat lebih mudah berat badannya naik, jika dibandingkan dengan pemakan santai.
2.Konsumsi banyak protein
Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang, sehingga dapat membantu Anda untuk memakan sedikit kalori. Hormon ghrelin – hormon yang menstimulasi rasa kenyang – dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein.
3.Perbanyak makanan yang mengandung serat
Cara menurunkan berat badan yang efektif adalah memperbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membantu Anda untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong.
Serat kental ini dapat Anda temukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami.
4. Minum air putih lebih sering
Cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan meminum air putih sebelum makan. Ini dapat membuat Anda memakan sedikit kalori. Dehidrasi juga dapat memicu rasa lapar, sebab saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar.
Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar. Usahakan yang dikonsumsi adalah air putih dan hindari minuman manis.
5. Ubah porsi makan menjadi lebih sedikit
Awalnya memang akan sulit. Namun ketika Anda berhasil, maka Anda akan terbiasa dengan porsi sedikit tersebut. Jika Anda terbiasa dengan porsi banyak, Anda akan terdorong untuk memakan porsi lebih besar ketika lapar. Porsi makan yang besar juga akan menimbulkan risiko obesitas.
6.Jaga pola tidur dan hindari stres
Ketika Anda kurang tidur, hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin menjadi terganggu. Sedangkan, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon ini dapat mengganggu kerja hormon-hormon lain.  Jika hormon-hormon tersebut terganggu, rasa lapar dan ngidam makanan pun menjadi meningkat.
7.aktif bergerak
Siapa bilang membakar kalori hanya dengan olahraga saja? Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bukan berarti Anda bisa tidak bergerak sama sekali. Anda bisa membakar kalori hanya dengan membersihkan rumah,menaiki tangga, Anda juga bisa pergi membeli makanan atau keperluan sendiri, tanpa meminta tolong pada orang. Membawa barang belanjaan Anda bisa menjadi olahraga ringan yang membakar kalori tanpa Anda sadari. Jika Anda harus pergi ke toilet, pilihlah toilet yang sedikit jauh, pun dengan memilih parkiran dan tempat makan.
Begitu juga ketika Anda harus pergi ke lantai atas yang terdekat di suatu gedung, mungkin Anda bisa gunakan tangga sebagai alternatif dibandingkan lift.
& untuk menghitung kalori menggunakan rumus Harris Benedict:
Rumus Harris-Benedict memperhitungkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga level aktivitas fisik Anda:
Rumus untuk menghitung kebutuhan energi pria yaitu= 66,5 + 13,8 x (berat badan dalam kilogram) + 5 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 6,8 x usia.
#Terimakasih
08:44 12/07/2020