[Masalah Berat Badan]
anonim
Selamat pagi saya perempuan usia 34 tahun dengan bb 63 kg dan tinggi badam 158 cm dengan riwayat kadang kolesterol dan asam urat tinggi tergantung pola makan. Aktivitas saya sebagai ibu rumah tangga tanpa pembantu dan saya rutin olahraga sepeda statis 30 menit 3x seminggu. Saya setiap pagi konsumsi rutin madu 1 sendoj makan dan kurma 3 butir. Bagaimana pola mkan saya yg tepat agar goal berat badan saya bisa mencapai 58 kg. Terima kasih
07:51 14/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah konsultasi di Dietducate :)
Indeks masa tubuh Anda sebesar 25,2 kg/m2 tergolong overweight.
Prinsip penurunan BB tidak dapat dilakukan instan, dalam peneltian, idealnya turun 1-2 kg/ bln agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.
Kolesterol dan asam urat:
1. hindari makanan tinggi kolestrol seperti seafood, kerang, makanan di goreng dibatasi 3x sehari, daging bebek, jeroan sapi/ayam, tetelan, gajih, sarden, daging kambing, lemak trans : sosis, salami, nuget, makanan berkaldu, hati ayam 1x/minggu dibatasi 50gr/minggu tempe maksimal 100gr(2 potong besar) sehari.
2. Perbanyak sayuran (3 porsi sehari, 1 porsi @100gr seperti porsi urap sayur, dan buah-buahan
Kalori basal (kebutuhan untuk kerja organ dan sistem tubuh) 1400 kkal, kalori harian dengan pengurangan 200 kkal 1800 kkal,
Contoh menu 1800 kkal
Sarapan pagi nasi biasa 80gr/3/4 centong nasi, telur dadar, urap sayur 1 porsi, buah pisang 1 sdm -> 500 kkal
Selingan pagi : kurma 3 butir 90 kal
Zumba/ aerobik 30 menit
Makan siang : nasi biasa 100gr/1 centong nasi, ikan bumbu asam manis 1potong, tumis brokoli 3 sendok sayur, tahu goreng 1 potong, buah pepaya 1 potong -> 500 kkal
Selingan sore 16.00 : susu skim dosis sesuai di petunjuk sajian manfaatnya untuk kesehatan tulang (menghindari osteoporosis) yang rendah lemak 120 kkal+madu 1 sdm 50 kal -> 170 kkal
Jadwal sore 17.00 : Sepeda statis 30 menit
Makan malam : nasi biasa 80gr/3/4 centong nasi, pepes ikan kakap filet+tahu, sayur asem, buah pisang 1 buah -> 400 kal
Semoga membantu :)
08:06 17/07/2020