[Anak Sekolah & Remaja]
Erika Alfina Putri
Halo dok saya ika umur 19 tahun dengan berat badan 67kg dan tinggi badan 156cm kira kira berapa bmr sama tdee yang tepat untuk saya dok saya mau diet dok biar supaya diterima kerja
14:23 14/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Erika, terimakasih sudah berkonsultasi di Dietducate :)
Indeks masa tubuh anda 27,5 kg/m2 tergolong obesitas sehingga perlu penurunan berat badan.
BMR anda 1500 kkal, dan TDEE dengan pengurangan kalori sebesar 1800 kkal aktivitas sangat ringan (sering rebahan).
Bila ingin melakukan pengaturan makan untuk menurunkan berat badan, kami perlu mengetahui beberapa data Anda :
1. Apa olahraga yg sering dlakukan?
2. Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari termasuk ringan, sedang, atau berat?
3. Ceritakan secara singkat kebiasaan makan Anda dan porsinya (misal pagi nasi 2 centong, ngemil gorengan 4 buah, siang nasi padang 1 bungkus, es eh manis 3x sehari, makan malam nasi goreng telor 1 bngks)
Mohon dijawab agar saran saya sesuai dengan kondisi Anda. Terimakasih
13:22 17/07/2020
Erika Alfina Putri
1.saya jarang sekali dong olaraga kalo lagi mauya aja itupun cuma senam arobik kurang lebih 20menit
08:39 17/07/2020
Erika Alfina Putri
2.ringatdok hanya rebahan saja. 3.kalo makan pagi saya makan nasi uduk .siangya saya makan nasi puti sama ikan goreng sama sayur kalo mlm saya jarang makan dok kalo lagi pengen aja
08:41 17/07/2020
Erika Alfina Putri
08:41 17/07/2020
Erika Alfina Putri
08:41 17/07/2020
Erika Alfina Putri
08:41 17/07/2020
Erika Alfina Putri
08:41 17/07/2020
Baik terimakasih sudah menjawab assesment dr kami. Pengurangan kalori makan ditambah olahraga aerobik dapat menurunkan komposisi lemak tubuh. Target penurunan BB idealnya 1-2kg perbulan ya, tidak diperkenankan diet ekstrim atau skip makan.
Prinsipnya :
1. Makan teratur 3x makan utama (tiap 6 jam), dan 2x snack/selingan, diantara waktu makan
2. Kalori makan malam usahakan paling rendah karena sudah tidak ada aktivitas lain selain istirahat, makan malam usahakan > 3 jam sblm tidur (misal tidur jam 9, makan terakhir jam 6 sore)
3. Sayuran 3 porsi sehari, 1 porsi 100 gr setara dengan 2-3 sendok sayur,
4. minum probiotik (yogurt) untuk menyehatkan saluran cerna dan berdasarkan penelitian dapat memperbaiki kadar lemak tubuh yg bermasalah dan menekan hormon nafsu makan *bila tidak ada alergi susu.
5. Bila jatah kalori harian habis, tidak dianjurkan untuk menambah asupan lagi, jadi sebaiknya makan dengan metode mindful eating/makan secara sadar, memperhatikan asupan kalori tiap makanan yg masuk.
Contoh menu 1600 kkal
Sarapan pagi 07.00 nasi biasa 100 gr/1centong nasi, telur dadar, tempe bacem, pecel 1 porsi, buah pisang 1 sdm -> 500 kkal
Zumba/ aerobik 30 menit 4-5x/minggu, rehidrasi dengan air putih untuk menghindari kram otot
Selingan pagi 09.00 : yogurt 60 cc -> 50 kal *bila tidak ada alergi susu
Makan siang 12.00 : nasi biasa 100gr/1 centong nasi, ikan nila asam manis 1potong, tumis brokoli 3 sendok sayur, tahu goreng 1 potong, buah pepaya 1 potong -> 500 kkal
Selingan sore 15.00 : susu skim unruk sumber kalsium (rendah lemak) 1gelas -> 150 kal *bila tidak ada alergi susu
Makan malam : nasi biasa 80gr/3/4 centong nasi, pepes ikan kakap filet+tahu, sayur asem 1 mangkok , buah pisang 1 buah -> 400 kal
Semoga membantu :)
14:15 17/07/2020
Halo selamat pagi kak, Bagaimana penurunan berat badannya, apakah sudah terprogram? Bisa diceritakan ya kak apa kendalanya :)
06:02 09/08/2020