[Lainnya......]
Warta Al Irsyad Jember
Nyonya S adalah pasien Post Operasi Sectio Caesarea, yang telah 1 hari dirawat di RS Respati, masih terlihat lemah, dan merasa perut masih sakit akibat luka operasi sehingga tidak mau makan. Saat datang ke RS Respati dengan keluhan sudah merasakan kencang-kencang di perut tetapi tidak teratur selain itu setelah 2 jam air ketuban belum keluar. Sebelum masuk rumah sakit pasien mengeluh keluar darah dari jalan lahir serta pergerakan janin masih dirasakan. USG terakhir dilakukan pada saat kehamilan 4 bulan karena saat itu juga terjadi perdarahan pada jalan lahir. Sejak ± 1 minggu yang lalu pasien mengeluh batuk dan sesak. Riwayat kehamilan Ny. S adalah : Hamil I Anak laki-laki dengan umur kehamilan 8 bulan. Berat badan lahir anak 1800 gram. Kondisi ibu sehat dan bayi meninggal Hamil II Anak perempuan dengan umur kehamilan 9 bulan. Berat badan lahir anak 2900 gram. Kondisi ibu dan bayi sehat. Hamil III Ny. S mengalami abortus pada tahun 2013. Hamil IV Kehamilan yang sekarang. Anak laki-laki dengan umur kehamilan 9 bulan. Berat badan lahir anak 2900 gram. Kondisi ibu dan bayi sehat.
Pasien adalah seorang ibu rumah tangga dengan pendidikan terakhir SLTP, Suami pasien seorang karyawan swasta dengan pendidikan terakhir SMA dan penghasilan ± Rp. 1.000.000/bulan.
Kebiasaan Makanan pasien: makanan Pokok nasi 3 x sehari @ 2 centong (200 gram) Lauk Hewani Ayam (3 – 4x/minggu @ 1 potong sedang) ,Telur (1-2x/minggu @ 1 butir ), Lauk Nabati Tempe 1-2x/hari @ 1 potong sedang, Tahu 2-3x/minggu @ 1 potong sedang. Sayuran Bayam 4-5x/minggu @ 1 gelas, Daun singkong, kangkung 1-2x/minggu @ 1 gelas , Buah Jeruk 3 buah setiap hari (Pasien suka mengkonsumsi jeruk). Minuman Teh manis setiap hari 3 gelas setiap pagi, siang dan sore (setelah makan) dengan gula pasir 2 sdt, Air putih setiap hari 5 gelas/hari.Susu lactamil 3x/hari @ 3 sdm (15 gram) dengan penambahan gula pasir 1 sdm. Saat di rs pasien menolak mengkonsumsi makanan dengan bentuk biasa.
Data yang didapatkan dari rekam medik pasien : Hb 13,1 g/dl, Leukosit 17 rb/µL, trombosit 360 ribu/µL, hematokrit 39,7%. Keadaan umu cukup, kesadaran CM, tekanan darah 120/80 mmHg, Nadi 20x/mnt, suhu normal. Respirasi 80x/mnt.
Tingkat Konsumsi Makanan
Energi
(Kkal)
Protein
(gr)
Lemak
(gr)
Karbohidrat
(gr)
Asupan RS
1100
35,2
40
159,6
Standar RS
2200
75
74
308
Dari hasil pengukuran setelah melahirkan diketahui tinggi badan pasien 152 cm dengan berat badan 61 kg.
Sebagai seorang ahli gizi buatlah NCP lengkap sampai dengan rencana monitoring dan evaluasi. Buat menu lengkap 1 hari. Buat video menu makan siang
18:41 14/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Semangat ya mahasiswa gizi :)
09:48 11/08/2020