[Lanjut Usia]
anonim
Berapa banyak porsi makan untuk usia lanjut?
Apakah nasi nya tetap 100g,?bagaimana dengan sayur, lauk pauk, buah, dsb? Apakah porsi nya sama dengan orang normal? Terimakasih
08:41 15/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di Dietducate,
Porsi nasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian yang didapatkan dari data berat badan, tinggi badan, umur, jenis kelamin, riwayat sakit (co: hipertensi, maag, diabet, dll), dan aktivitas harian (co: dirumah ada cucu). Mohon diinfokan data tersebut agar saran dari saya sesuai dengan kondisi,
Semoga membantu :)
09:22 15/07/2020
anonim
Laki-laki umur 68 th, BB 72 kg dan TB 172 cm. Kegiatan sehari-hari = berkebun kira-kira 2 jam sehari, lari pagi setiap hari kira-kira 1 jam. Biasa konsumsi makanan 3x sehari. Suka semua jenis sayuran
11:13 15/07/2020
Mohon maaf atas keterlambatannya dalam menjawab.
Kalori basal (untuk bekerjanya organ dan sistem tubuh) sekitar 1400 kkal (tidak boleh kurang dr kebutuhan tubuh), kalori harian dengan aktivitas ringan sebesar 1900 kkal.
Prinsipnya : 1. Gunakan menu lebih banyak ikan perairan laut dalam seperti tuna, tongkol, cakalang, kakap) untuk kesehatan otak, mencegah stroke) dan hipertensi
2. Sayuran 3 porsi sehari, 1 porsi 1 mangkuk,
3. Buah-buahan sebagai tinggi vitamin dan antioksidan untuk mencegah penyakit infeksi
Contoh menu 1900 kkal untuk Lansia
Sarapan pagi Nasi tim/lembek(bila kesulitan mengunyah) 200 gr/ 2centong, atau nasi biasa 100gr, 1 centong nasi, telur dadar, pecel, tempe bacem, buah pisang, -> 500 kkal
Selingan pagi susu skim dosis sesuai di petunjuk sajian manfaatnya untuk kesehatan tulang (menghindari osteoporosis) yang rendah lemak 170 kkal+arem-arem 1 buah 100 kkal
Makan siang : Nasi tim/lembek(bila kesulitan mengunyah) 200 gr/ 2centong, atau nasi biasa 100gr/1 centong nasi, ikan rebus bumbu asam manis (ikan yg dikukus/rebus menjaga kesehatan otak dan tekanan darah) 1porsi, tumis brokoli 3 sendok sayur, tahu goreng 1 potong, buah pepaya 1 potong -> 500 kkal
Selingan sore : buah melon 2 potong -> 100 kal
Makan malam : Nasi tim/lembek(bila kesulitan mengunyah) 200 gr/ 2centong, atau nasi biasa 100gr/1 centong nasi, ikan kakap filet+tahu, sayur asem, buah pisang 1 buah -> 500 kal
Semoga membantu :)
06:42 17/07/2020