[Anak Sekolah & Remaja]
Kamila Millaa
Makanan yg cocok untuk saya apa?
18:28 15/07/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Trmksih sudah bertanya di Dietducate:
Usia remaja & sekolah merupakan masa di mana perkembangan fisik dan psikis tubuh cenderung berubah dengan sangat cepat.
Berikut Sumber makanan untuk memenuhi gizi anak remaja:
1. Karbohidrat kompleks
Kandungan karbohidrat ini bisa didapatkan dgn makan makanan seperti roti, jagung, pasta gandum, kacang-kacangan, kentang serta nasi.
2. Protein hewani & nabati terdiri dari:
ikan, telur, susu dan produk olahannya, daging merah, daging ayam, & Protein nabati bisa didapatkan  dari gandum, oat, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan oncom.
3. Lemak baik yg terdiri dari lemak tak jenuh tunggal & lemak tak jenuh ganda.
Bisa di dapatkan melalui buah alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.
4. Serat
Berbagai jenis buah dan sayur seperti wortel, brokoli, alpukat, apel, jeruk, serta kacang merah dan ubi .
Berikut contoh menu remaja dalam sehari:
Makan pagi (sarapan) :
1 piring nasi uduk (100-150 gram)
1-2 butir telur ayam balado (50-100 gram)
1-2 potong sedang tahu (30-50 gram)
1 mangkuk sedang sayur kol (30-100 gram)
1 gelas susu putih (100 ml)
Selingan (camilan):
2 buah jeruk ukuran sedang (200-250 gram)
Makan siang :
Nasi putih (125-250 gram)
1 mangkuk sedang tumis brokoli dan wortel (30-100 gram)
1 mangkuk sedang daging sapi lada hitam (50-75 gram)
1-2 potong sedang tempe (30-50 gram)
Selingan (camilan):
2 buah kiwi ukuran sedang (200-250 gram)
Makan malam :
1 piring nasi putih (125-250 gram)
1 potong besar dada ayam bakar tanpa kulit (75 gram)
1 mangkuk sedang tumis buncis (40-100 gram)
1 mangkuk kecil tumis oncom (40-50 gram)
1 gelas susu putih (100 ml)
#Trmksih
08:33 16/07/2020