[Lainnya......]
anonim
halo dok saya mau bertanya masalah hubungan mensturasi dengan olah raga
saya berusia 33 tahun belum menikah, tinggi 162 cm, bb 70 sudah hampir 4 bulan saya aktif olahraga seminggu 3-4 kali, riwayat siklus mensturasi selama ini teratur 28 hari kadang loncat atau mundur 1-2 hari dan pendarahan 6-7 hari. bulan ini saya mendapat mensturasi mundur 1 hari dari siklus 28 hari namun lama pendarahan sudah 10 hari sampai dengan hari ini, biasanya haid 1-3 hari darah keluar banyak ganti pembalut 3-4 kali nah untuk bulan ini darah yang keluar di hari ke 1-3 tidak sebanyak biasanya saya hanya mengganti pembalut sampai 2 kali, tetapi sudah 10 hari saya masih mengalami pendarahan walaupun hanya sedikit, apakah ada kelainan atau perubahan hormon karena olahraga? mohon penjelsannya .terima kasih
09:10 22/03/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Salam mba,
Proses menstruasi membutuhkan lemak sbg bahan untuk membuat hormon estrogen yg penting dalam siklus menstruasi. Dengan melakukan olahraga (yg mungkin lebih tinggi frekuensi maupun intensitasnya)) bisa mempengaruhi proses menstruasi krn berkurangnya massa lemak tubuh. Namun, dg siklus 21-28 hari masih tegolong normal mba. Yang terpenting menstruasi setiap bulannya masih datang, dan siklus tidak lebih dr 30 hari. Perlu diwaspadai jika terjadi amenorrhea (tidak mens).
Terima kasih
Semoga membantu
08:49 28/06/2018