[Lainnya......]
Liu Junardi Mona
Ada satu suplemen daya tahan tubuh, katakanlah merek "I". Aturan pemakaiannya setiap hari 1 tablet maksimal 7 - 14 hari. Setelah itu berhenti konsumsi selama 14 hari.
Pertanyaannya apakah tdk ada efek samping selama maks 14 hari, setiap hari mengkonsumsi suplemen itu.?
Bisakah resepnya diubah menjadi 3 hari 1X minum atau yg lain.?
Adakah pengaruh buruk disistem daya tahan tubuh (ketergantungan dgn suplemen itu).?
23:16 17/07/2020
Trmksih atas pertanyaannya:
Awalnya, suplemen bertujuan untuk memenuhi zat gizi yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari. Contohnya, bagi wanita yang tidak dapat mengonsumsi susu, maka ia bisa mengonsumsi suplemen berisi kalsium.
Contoh lain, misalnya pada pekerja kantoran yang sangat sibuk dan tidak sempat mengonsumsi buah-buahan. Maka untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, mereka dapat mengonsumsi suplemen yang berisi vitamin tertentu.
Jadi, pada dasarnya, suplemen hanya diberikan kepada orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi harian karena alasan tertentu. Bukan sebagai pengganti makanan atau obat-obatan yang diberikan oleh dokter.
Konsumsi suplemen setiap hari:
Sudah banyak studi yang dilakukan untuk menilai apakah konsumsi suplemen setiap hari aman bagi kesehatan. Akan tetapi, hanya ada segelintir penelitian yang dapat dipercaya.
Salah satu studi yang dapat dipercaya datang dari Physician Health Study II. Pada studi ini, dokter ditunjuk sebagai respondennya. Dokter-dokter ini dibagi menjadi dua kelompok, yang satu diberikan multivitamin setiap hari selama satu dekade, dan yang satunya hanya diberikan plasebo (obat kosong) saja.
Setelah dilakukan pengkajian secara menyeluruh, ternyata kelompok yang mengonsumsi suplemen mengalami penurunan kejadian kanker dan katarak. Sedangkan terkait penurunan risiko penyakit, misalnya jantung, tidak terdapat perbedaan signifikan di antara kedua kelompok tersebut.
Berdasarkan hasil itu, dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya mengonsumsi suplemen multivitamin setiap hari tidak berbahaya bagi kesehatan. Tindakan ini justru menguntungkan. Tapi perlu dicatat, suplemen bukanlah obat untuk mencegah dan mengobati jenis penyakit tertentu.
Selain itu, hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai peran penting makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan tergantikan oleh suplemen. Karena pada dasarnya, sumber gizi yang bersifat alami dan berasal dari makanan lebih baik daripada yang didapatkan dari suplemen. Jadi, jika melalui makanan sehari-hari segala kebutuhan gizi seperti vitamin dan mineral dapat terpenuhi, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen, apalagi yang harganya mahal.
Secara keseluruhan, konsumsi suplemen seperti multivitamin dan lainnya merupakan tindakan yang aman. Namun, hal ini tidak serta-merta membuat Anda lebih sehat daripada tidak mengonsumsi suplemen sama sekali. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak mengandalkan suplemen. Akan lebih baik jika Anda menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta berolahraga secara rutin dan teratur.
#Trmksih
Konsumsi suplemen setiap hari:
#Trmksih
07:44 21/07/2020