[Lainnya......]
Lutfy Tidak Jadi
bagaimana cara mengurangi/menghentikan kebiasaan merokok?
11:23 18/07/2020
Trmksih sdh mau konsultasi di Dietducate:
Menghentikan kebiasaan merokok :
1. Dengan pola makan sehat > Untuk berhenti merokok, Anda juga bisa mengganti kebiasaan pola makan buruk menjadi pola makan sehat. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membantu Anda berhenti merokok.
Kandungan nikotin dalam rokok menimbulkan dampak mengurangi selera makan terhadap indera perasa Anda. Dengan pola makan yang sehat ketika berhenti merokok dapat menjadi cara melengkapi nutrisi tubuh Anda agar dapat menjalani hidup sehat.
2. Hindari stress > Stres merupakan salah satu penyebab seseorang untuk merokok. Jika memang stres tidak bisa dihindari, lakukan hal yang membuat Anda rileks selain dengan cara merokok seperti yoga, pijat atau mungkin mendengarkan musik dengan genre yang Anda suka.
3. Olahraga > Dengan melakukan olahraga dapat membantu untuk mengurangi hasrat Anda terhadap nikotin. Ketika hasrat untuk merokok Anda datang, lakukan olahraga seperti jalan kaki, berenang atau lari. Bergaul dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat juga sangat membantu Anda agar bisa berhenti merokok.
4. Melakukan NRT (Nicotine-Replacement Therapy) > NRT atau terapi penggantian nikotin bisa Anda lakukan sebagai cara untuk berhenti merokok. Umumnya ketika seseorang berhenti untuk mengonsumsi nikotin akan membuatnya frustasi. Dengan terapi penggantian nikotin ini membantu untuk meringankan beban frustasi yan Anda derita.
Cara kerja NRT ini yaitu dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke dalam pembuluh darah. Akan tetapi unsur nikotin yang digunakan berbeda, dengan tidak mengandung karbon monoksida, bahan kimia berbahaya dan tar di dalamnya.
Dengan terapi ini dapat membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok sekalipun tubuh mulai merasakan hilangnya nikotin yang biasa masuk. NRT memiliki media yang bermacam, ada yang berbentuk tablet, permen karet, plester dan semprotan mulut atau hidung.
5. Hindari pemicu > Faktor atau kebiasaan yang dapat memicu Anda untuk kembali merokok harus sangat dihindari jika memang ingin berhenti. Contoh kebiasaannya seperti minum kopi, meminum minuman keras, berkumpul bersama teman-teman yang merokok, hal ini menjadi pemicu Anda untuk merokok lagi.
Jika Anda adalah salah seorang yang punya kebiasaan merokok sehabis makan, gantilah rokok dengan cara yang lain, seperti mengunyah permen karet tanpa kandungan gula. Menghindari pemicu akan sangat efektif digunakan sebagai cara berhenti merokok.
# Trmksih
Menghentikan kebiasaan merokok :
# Trmksih
08:51 19/07/2020