[Masalah Berat Badan]
Yosii Chalisthaa
Selamat siang bu
perkenalkan nama saya ichaa
Saya ingin konsultasi masalah BB yang tidak kunjung naik. Padahal saya sudah ikut saran ahli gizi lainnya dengan pedoman gizi seimbang, namun tidak ada perubahan sama sekali. Gimana solusi /monitoring nya Bu ? Terimakasih ibu .
11:35 18/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Icha, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Menaikkan BB tidak bisa instan, perlu dilakukan secara bertahap, darimulai perbaikan kebiasaan pola makan dan minset yg salah terhadap makanan, kemudian dilanjutkan dengan penambahan kalori dalam asupan harian. Kenaikan BB yang sehat, idealnya 1-2 kg perbulan, itu sudah bagus sekali,
Targetnya untuk bulan 1 intervensi adalah perubahan perilaku makan yang salah (bisa jadi naik BB bisa jadi belum, karena sedang proses perbaikan makan, blm menambahkan kalori dalam kebutuhan harian).
Untuk menaikkan BB perlu dilakukan asesment lebih lanjut agar saran saya sesuai dengan kondisi Anda.
Berikut data yg diperlukan :
1. BB, TB, umur,
2. Aktivitas harian, co: pekerja lapangan
3. Olahraga yg sering dilakukan, co: jogging 5x/minggu
4. Ceritakan kebiasaan makan Anda dan porsinya (misal makan pagi nasi 1 centong, lauk ayam goreng sayur, siang nasi 1 centong nasi, ikan goreng sayur sop 2 sdm, makan malam : tidak makan malem, ngemil : tidak ngemil, riwayat minum air putih : tidak suka air putih lebih suka minuman berasa)
5. Apakah ada riwayat sakit? contoh : maag, infeksi flek paru, sering flu batuk diare(brp kali dlm 1 bln), usus buntu, anemia, dll
6. Apakah ada pantangan/kecenderungan terhadap makanan tertentu, contoh : gak suka lauk yg amis2, dll.
Mohon dijawab agar saran saya sesuai dengan kondisi Anda. Terimakasih
12:17 18/07/2020
Yosii Chalisthaa
(1). BB=42 ,TB=156, usia =20 THN, (2). Aktivitas=mahasiswa, (3). Olahraga= Senam pagi setiap hari, (4). Pagi : sandwich isi telur+sayuran, 1 gls susu, 1 buah apel, selingan : 1 gls sari buah murni naga, siang: 1½centong nasi+ayam Kalasan+sayur bening 3 sdm + buah pisang, selingan :1 mangkok bubur kacang hijau, sore/malam : nasi 1 centong +ayam Kalasan+sayur bening , selingan : salad buah dan sayuran + susu, minum air putih rutin. (5). Tidak ada . (6) tidak ada
12:44 18/07/2020
Mohon maaf keterlambatannya dalam menjawab.
IMT 16,8 kg/m2, BB terendah 47 - ideal 54 kg, kebutuhan kalori harian : 2100 kkal, bila ingin menaikkan BB dapat ditambahkan 200 - 300 kkal untuk tahap pertama,
asupan kalori harian yg sudah dijelaskan sekitar 2100 kkal, Variasi makanan sudah baik, sudah mendekati gizi seimbang, namun kurang lauk nabati seperti tempe/tahu dlm sekali makan,
Pastikan asupan kalori 2100 kkal yg dijelaskan kakak sudah dijalani selama 1 bulan ini ya, bila belum, perlunya konsistensi, kemudian dapat ditambahkan 200 kal untuk sumber protein dan karbo,
Contohnya : nasi 150 gram 2 centong nasi +ayam Kalasan+tempe bacem/goreng+ sayur bening,
Kurangi stress, istirahat cukup 7-8 jam meskipun mahasiswa banyak tugas namun perlu memanajemen waktu tidur, air putih 8 gelas sehari dan penambahan konsumsi probiotik contohnya yogurt 1 hari 1 cup/60 cc selama 1 bulan berdasarkan penelitian dapat memperbaiki vili-vili di usus sehingga mengoptimalkan penyerapan.
Kemudian bila senam bersifat aerobik/zumba, dapat dilakukan 10-15 menit saja, kemudian dapat dikombinasi dengan latihan beban seperti squat (gerakan untuk membentuk paha dan pantat), push up, sip up, berapa kalinya tergantung kemampuan.. Bila mencoba 5x sudah kram, jangan dipaksakan, nanti dapat dinaikkan bertahap.
1 minggu menimbang lagi ya kak, naik 0,5 kg/ minggu sudah bagus,
Semoga membantu :)
16:13 19/07/2020