[Masalah Berat Badan]
Shynta Arum
Permisi saya Mau tanya,,, Berat badan saya Kan Masuk ke kategori obesitas tingkat 2 saya sudah melakukan diet Dan Olah raga tapi Berat badan tak kunjung turun,,, padahal saya sudah mengurangi porsi saya dari yang 1 piring jadi setengah piring,tidak makan Nasi lagi, hanya makan sayuran rebus Seperti gado2 tanpa lontong gtu dan tiap Pagi saya senam Selama 30 menit,,, apakah Berat badan saya stuck? Atau ada yang salah dengan diet saya?
18:24 18/07/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Selamat malam mbak Shynta. Sebelumnya terimakasih banyak atas pertanyaannya. Kami apresiasi sekali usaha mbak untuk tetap semangat dalam upaya penurunan BB. Perlu untuk diketahui, penurunan BB yg direkomendasikan sebanyak 2-4kg/bln. Sehingga memang diperlukan tekad dan kesabaran penuh. Saat ini apakah masih ada camilan yg dikonsumsi diluar makan utama? Jika masih, bisa diperhatikan jenis camilan yg dikonsumsi, tentu kami merekomendasikan buah2an sbg camilan. Kemudian terkait pengolahan lauk pauk dalam menu diet, boleh digoreng, tp tentu porsinya harus dikurangi. Konsumsi air mineral juga jgn lupa ya mbak. Terkait konsumsi nasi jika memang tdk berkenan bisa beralih mengkonsumsi ke bahan makanan sumber karbo yg lain ya mbak (singkong, ubi, nasi merah), jd tolong jgn dilewatkan, krn merupakan kebutuhan dr tubuh kita. Kemudian untuk jadwal makan, tetap 3x sehari ya mbak, pagi siang sore/malam, berusaha untuk konsisten tepat waktu makan, insyaAllah akan membantu dalam proses penurunan berat badan. Jd kuncinya tepat waktu makan, perhatikan jumlah dan jenis dari makanan yg akan dikonsumsi (lebih baik jika banyak sayur dan buah), kemudian diimbangi dengan konsumsi air mineral, konsisten melakukan aktivitas fisik, dan istirahat yg cukup. Semoga membantu, tetap semangat 😉
21:45 18/07/2020
Shynta Arum
Saya cemilan sih tomat dok trs jg olahraga trs setiap pagi Selama 20-30 menit perhari, minum jg bisa sampe 4 Botol yg ukuran 500ml tpi ya gtu dok ga turun2 Selama sebulan ini,,, cuma badan terasa enak aja dibawa kemana2 gtu dok
05:54 24/07/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Itu sudah pencapaian yg baik mbak Shynta 😊 silahkan dipertahankan dan ditingkatkan kualitas dietnya. Jika sudah memungkinkan, waktu olahraga bisa ditambah sedikit demi sedikit waktunya, yg awalnya 30 menit meningkat menjadi 40mnt dst. s/d konsisten minimal 1 jam/hari (atau menyesuaikan kemampuan tubuh). Untuk konsumsi makan tetap 3x sehari dgn porsi yg diatur, seimbang buah dan sayur, serta istirahat yg cukup. Jika konsisten melaksanakan anjuran, insyaAllah hasilnya juga akan mengikuti. Perlu diketahui, hasil tdk selalu tentang timbangan ya mbak. Perasaan lebih nyaman dengan tubuh yg sekarang juga merupakan pencapaian yg luar biasa. Semoga selalu sehat dan semangat selalu 😉
19:00 24/07/2020