[Masalah Berat Badan]
Oda Firmaemilia
Dok berat saya 71 kg tinggi 160 mau tanya diet yang ccok untuk tubuh saya sesuai kebutuhan apa ya ??
16:21 26/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Oda, terimakasih sudah bertanya di Dietducate
Prinsip menurunkan BB,
1. Mengetahui kebutuhan kalori harian (asesment lanjut) dan diterjemahkan dalam makanan
2. MIndful eating, tiap kali makan pertimbangkan jenis, jumlah dan kalori
3. Pola makan teratur 3x makan utama, 2x snack dengan gizi seimbang (yaitu 1 kali makan utama ada Karbohidrat, lauk hewani, nabati,sayuran dan buah) -> porsi dll tergantung kebutuhan kalori
4. Snack bisa diganti buah-buahan, sumber karbo nasi dapat diganti dengan karbo yg tinggi serat, co : jagung, kentang, beras merah, oat.
5. Olahraga teratur 4-5x/minggu, contoh zumba 30-60 menit
6. Air putih 8 gelas sehari
7. Hindari stress, bila diet kemudian stress timbangan tidak turun2, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, sehingga jalani perubahan makan secara bertahap dan enjoy
Semoga membantu :)
14:56 29/07/2020