[Masalah Berat Badan]
Yusep Saepudin
Saya ingin turun berat badan cara terbaik untuk saya apa dengan berat badan 78 tinggi 163
16:51 26/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Yusep terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Prinsip turun BB
1. Harus tau kebutuhan kalori harian dan diterjemahkan dalam makanan
2. MIndful eating, tiap kali makan pertimbangkan jenis, jumlah dan kalori
3. Pola makan teratur 3x makan utama, 2x snack dengan gizi seimbang (yaitu 1 kali makan utama ada Karbohidrat, lauk hewani, nabati,sayuran dan buah) -> porsi dll tergantung kebutuhan kalori
4. Snack bisa diganti buah-buahan, sumber karbo dapat diganti dengan karbo yg tinggi serat, co : jagung, kentang, beras merah, oat.
5. Olahraga teratur 4-5x/minggu, contoh sit up push up kombinasi dengan jogging 30-60 menit
6. Air putih 8 gelas sehari
7. Hindari stress, bila diet kemudian stress timbangan tidak turun2, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, sehingga jalani perubahan makan secara bertahap dan enjoy
8. Jangan hanya mengacu pada timbangan, tetapi juga komposisi tubuh, Ade Rai bila menurut IMT, termasuk obes, tetapi karna berat tubuhnya karena massa otot yg tinggi jadi tidak bisa dikategorikan obes, sehingga bisa dilihat dengan indikator lain, seperti lingkar pinggang, komposisi lemak tubuh.
Semoga membantu :)
13:51 29/07/2020