[Masalah Berat Badan]
nadia aghni
Bagaimana pengaturan makan untuk menurunkan berat badan? Saya pasca op Apendisitis Perforasi, dianjurkan dokter tidak boleh olahraga dulu.
18:26 26/07/2020
_Diet cair
Setelah tindakan operasi, saluran pencernaan membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula. Pada awalnya pasien dianjurkan untuk menjalankan diet cair sampai kondisi pulih (tidak ada lagi mual dan muntah akibat anestesi). Diet cair berupa pemberian makanan atau minuman yang cair, misalnya jus apel atau sup.
_Diet lunak
Setelah tubuh mulai pulih dari operasi, maka pola diet selanjutnya yang dianjurkan adalah dengan mengonsumsi makanan yang lunak sehingga usus pun bisa sembuh secara perlahan. Makanan lunak bisa berupa bubur atau kentang yang dihaluskan. Hindari makanan yang pedas, bersantan atau berlemak untuk mencegah "stres" pada pencernaan Anda dan supaya tubuh Anda pulih lebih cepat setelah operasi usus buntu. Menjalani pola makan yang tepat akan membantu mempercepat proses pemulihan setelah operasi dan menurunkan risiko infeksi setelah operasi.
_Diet tinggi serat
Ketika tubuh Anda sudah pulih sempurna dan Anda telah kembali menjalani aktivitas normal, cobalah untuk menjalani pola makan yang tinggi serat. Makanan tinggi serat dapat membantu mencegah konstipasi atau sulit BAB setelah menjalani operasi usus buntu. Contoh makanan tinggi serat di antaranya gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayur dan buah.
_Kiat-kiat diet setelah operasi usus buntu:
Makanlah dengan porsi kecil namun sering untuk mengurangi “stres” pada saluran pencernaan. Jangan lupa juga untuk makan terlebih dahulu sebelum minum obat-obatan (misalnya obat antinyeri atau antibiotik), untuk meminimalisasi efek samping seperti mual dan muntah. Tanpa adanya komplikasi, orang yang baru menjalani operasi usus buntu dapat kembali menjalani pola makan biasa 1-2 minggu setelah operasi.
#Trmksih
_Diet lunak
_Diet tinggi serat
#Trmksih
05:06 27/07/2020
nadia aghni
Baik, terima kasih..
05:45 28/07/2020