[Masalah Berat Badan]
At'nil At'nil
Siang dok berat badan saya 84 tinggi 160 bagaimana dietnya yg bagus sedangkan saya ada lambung
14:59 27/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo, terimakasih sudah bertanya di Dietducate
1. Perbaiki keluhan di lambung terlebih dahulu, konsultasikan ke dokter untuk pengobatan dan mengatur makanan, bila sudah sembuh dapat memulai program penurunan BB,
2.Mengetahui kebutuhan kalori harian (dengan asesment lebih lanjut) dan diterjemahkan dalam makanan
3. MIndful eating, tiap kali makan pertimbangkan jenis, jumlah dan kalori
4. Pola makan teratur 3x makan utama, 2x snack dengan gizi seimbang (yaitu 1 kali makan utama ada Karbohidrat, lauk hewani, nabati,sayuran dan buah) -> porsi dll tergantung kebutuhan kalori
5. Snack bisa diganti buah-buahan,
6. Olahraga teratur 4-5x/minggu, contoh zumba 30-60 menit
7. Air putih 8 gelas sehari
8. Hindari stress, bila diet kemudian stress timbangan tidak turun2, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, sehingga jalani perubahan makan secara bertahap dan enjoy.
Untuk lambung :
1.hindari makan tidak teratur
2. Setelah makan tdk boleh tidur, beri jeda
3. Kurangi makanan berlemak, nasi goreng, bakso gajih tetelan, bakmi goreng, burger, nasi padang, makanan pedas, dan terlalu asam contoh pempek,
4. mengunyah makanan lebih lama
Semoga membantu :)
13:50 29/07/2020