[ASI & Menyusui]
anonim
Saya ibu menyusui, anak saya sudah umur 1 tahun 3 bulan, namun masih sangat aktif menyusu (2-3 jam sekali). Berat saya tidak turun, sekarang obesitas, 88 kg dgn tinggi 165 cm. Sering ada keluhan pusing, lelah, lemas, sakit punggung, dan sering merasa lapar serta sakit maag. Apakah mungkin ada nutrisi yang kurang? Apakah sudah seharusnya memulai diet menurunkan bb? Apakah diet juga bisa menyembuhkan keluhan maag? Diet seperti apa yang cocok, mengingat saya masih berencana menyusui hingga anak 2 tahun (sekitar 9 bulan lagi). Terima kasih banyak para dokter yang baik hati.
13:48 10/04/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam Bunda,
Terima kasih telah bertanya pada AhligiziID.
Wanita menyusui memerlukan asupan energi lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak menyusui. Oleh karena itu, porsi maka, frekuensi dan variasi makan harus diatur sesuai dengan kebutuhan ibu menyusui. Karena bila tidak terpenuhi akan menimbulkan gejala rasa lapar dan dapat juga diikuti pusing sebagai tanda hipoglikemia. Untuk mengetahui asupan Bunda selama menyusui dapat membaca artikel di bawah ini:
https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/11/1/Makanan-Sehat-Ibu-Menyusui
Mengingat bunda masih menyusui tidak disarankan menjalankan diet ketat. Diet yang dianjurkan adalah gizi seimbang dengan pengaturan jumlah, frekuensi dan variasi yang beragam sesuai isi artikel tersebut di atas. Dengan pola diet tersebut frekuensi makan akan teratur sehingga dapat juga mengurangi gejala maag.
Ada baiknya bunda mengecek kadar haemoglobin, untuk memastikan apakah ibu anema atau tidak. Karena pusing, lemas, lemah merupakan salah tiga tanda adanya anemia.
Semoga sukses ASI nya Bunda sampai 2 tahum ya..
Salam sehat. :)
07:49 08/06/2018