[Masalah Berat Badan]
Seli Marselina
Assalamualaikum. Saya izin bertanya dok diumur saya yang 19 tahun dengan berat badan 80 kg kurang dan tb 167 cm makanan apa.saja yang harus saya makan ketika saya diet dan berapa jumlah makannan nya misalkan saya pagi harus sarapan apa jam 10 makan apa jam 12.30 makan apa ..seperti itu dok terimakasih
11:39 29/07/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Seli, terimkasih sudah bertanya di Dietducate
Kalori BMR (untuk aktivitas kerja organ) sekitar 1600 kal, ditambah aktivitas sangat ringan (mahasiswa SFH) sekitar 2000 kal.,
karena tergolong remaja, saya blm berani defisit kalori banyak2 ya, tambah olahraga aja biar aktivitasnya meningkat, bisa zumba/ jogging 30 menit, 4-5x seminggu.
Berikut rekomendasi menu 1800 kal, protein 60 gr, rendah lemak
Bangun tidur 1 gelas air putih
Sarapan pagi 06.00 - 09.00 Nasi 1 centong magic com 100 gram, telur dadar 1buah+sayur pecel, bumbu pecel 1/2 porsi, buah pisang 1 buah, air putih 1gelas -> 500 kal, protein 16gr
Selingan Pagi : susu skim 1 gelas 150 kal, 7gr protein (untuk kesehatan tulang karna masih remaja)
Zumba 30 menit + air putih 2 gelas
Makan siang : Nasi 1-1,5 centong magic com 100 gr, ikan bandeng goreng 1 potong+ tahu bacem 1buah+sayur sop ayam (buncis,wortel,kembang kol, ayam 1buah) 1 mangkok, air putih 1 gelas -> 500 kal, protein 21 gr
Selingan sore : buah pepaya+melon+yogurt lowfat 1 cup = 150 kal
Makan malam 06 pm (3 jam sblm tidur malam) : Kentang 2 buah = 200 gr, pepes kakap+tahu+teri 1 bungkus, sayur asem+1 mangkok, air putih 1 gelas,
-> 500 kal, protein 16gr
kalo malem masih laper, buah pepaya 1 potong 50 kal
sebelum tidur air putih 1 gelas
Saya blm melakukan asesment, sehingga blm tau apakah rekomendasi menu cocok untuk kakak, Semoga membantu :)
Bangun tidur 1 gelas air putih
Zumba 30 menit + air putih 2 gelas
-> 500 kal, protein 16gr
sebelum tidur air putih 1 gelas
14:52 29/07/2020