[Masalah Berat Badan]
Aji box
Bagaimana caranya meningkatkan berat badan di masa menderita stroke
18:39 30/07/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
Terima kasih Aji atas pertanyaannya. pada pasien stroke dianjurkan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur buah, serta makanan rendah lemak, dg cukup kalium, vitamin C, kalsium, dan magnesium. karena dengan konsumsi sumber kalium yang cukup misal melon, tomat, pisang, seledri, dll. dapat menurunkan risiko kekambuhan stroke. perlu diperhatikan terkait berat badan dijaga agar berada pada status gizi normal sehingga kadar lipid dalam darah dan tekanan darah tidak meningkat. Terima kasih
18:55 30/07/2020
Aji box
Status gizi normal itu seperti apa ..?
19:09 30/07/2020
Aji box
Status gizi normal itu seperti apa ..?
19:09 30/07/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Status gizi normal merupakan suatu ukuran status gizi dimana terdapat keseimbangan antara jumlah energi yang masuk ke dalam tubuh dan energi yang keluar dari tubuh sesuai dengan kebutuhan individu.
Perhatikan frekuensi dan porsi makanan
Agar tak mudah tersedak dan muntah, penderita stroke dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit dengan frekuensi yang lebih sering. Dengan demikian, total asupan makanannya dalam sehari akan lebih banyak.
Untuk porsi makanan, dapat menggunakan aturan tangan sesuai ukuran tangan penderita stroke berikut:
Makanan pokok sumber karbohidrat: 1 kepal tangan penderita
Makanan sumber protein: 1 telapak tangan penderita
Makanan sumber lemak: 1 ruas ibu jari tangan penderita
Makanan sumber serat (sayur-sayuran): 2 tangkup tangan penderita.
#Semoga bermanfaat
18:44 31/07/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
status gizi normal dapat dilihat dari nilai indeks massa tubuh (IMT) dari berat badan (kg): tinggi badan (m) dikuadratkan. jika nilai < 18,5 kg/m2 maka kurus; 18,5-25 kg/m2 normal; 25.01-26.99 kg/m2 overweight dan > 27 kg/m2 obesitas. terima kasih
21:16 31/07/2020