[Bayi & Balita]
rima wahyu
Dok, saya mau membuat kue camilan untuk bayi teman Saya. Kue nya itu terbuat dari buah bit dan tepung. Kalau boleh tahu apa kandungan buah bit yang sebenarnya ya dok dan apakah tidak apa apabila balita diberi makan kue kering buah bit
14:42 10/04/2018
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Halo Rima!
Terimakasih sudah menggunakan layanan ahligiziID
Buah bit memiliki beberapa kelebihan di antaranya memiliki serat yang tinggi, beta karoten, zinc, selenium, vitamin C, dan mineral lainnya.
Yang perlu diperhatikan adalah, sebaiknya mulai memperkenalkan bit saat bayi telah berusia 6 bulan. Pada usia ini, lambung bayi sudah berkembang lebih baik termasuk produksi asam lambungnya. Bit mengandung nitrat yang dapat bersifat racun, terutama jika diberikan pada bayi yang berusia lebih muda daripada 3 bulan. Saat bayi telah berusia lebih dari 6 bulan, asam lambung bayi telah mampu membunuh bakteri yang dapat mengubah nitrat dalam bit menjadi nitrit. Senyawa nitrit disiniyalir dapat mengakibatkan "Blue Baby Syndrom". Pada kondisi tersebut, nitrit dapat mengurangi kemampuan sel darah merah dalam mengikat oksigen sehingga darah akan berwarna kebiruan.
Perlu diketahui bahwa kandungan nitrat yang ada pada bit bersifat alamiah karena merupakan garam yang terkandung pada tanah.
Semoga bermanfaat!
20:06 16/05/2018