[Diet Maag (Gastritis)]
Mas Luth
Saya luth sirait..mengalami perut kembung dan nyeri lambung ringan selama 2 bln terakhir. BB 66 kg sdh turun 2,5 kg. Bgmn asupan makanan terbaik agar BB saya tidak turun terus. Trims.
10:02 03/08/2020
Halo
Untuk mengatasi maag yang perlu diingat pertama-tama yaitu: :
_Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda).
_Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
_Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
_Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) .
_Hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain krn kalau stres akan sangat mengganggu.
& berikut Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:
_Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
_Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
_Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
_Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
_Memperbanyak minum air putih.
#Trmksih
_Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
_Memperbanyak minum air putih.
#Trmksih
01:52 05/08/2020