[Masalah Berat Badan]
Warta Al Irsyad Jember
saya mau kurus
13:15 03/08/2020
Harus konsisten dlm menjalani program diet ya:
1. Sarapan
Jangan pernah melewatkan waktu sarapan dan pilih menu yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Kebiasaan tidak sarapan akan membuat metabolisme tubuh jadi lambat. Akibatnya, kalori yang dibakar lebih sedikit. Efek lainnya kita akan makan lebih banyak dan cenderung memilih junk food saat makan siang.
2. Bersahabat dengan sayur
Sayuran memiliki kandungan kalori lebih rendah dan tinggi serat, sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama.
3. Aktif bergerak
Buat komitmen untuk selalu aktif bergerak setiap hari. Anda bisa merencanakan latihan kardio dan beban dalam 5 hari, dan diselingi dengan latihan yang bersifat fleksibilitas seperti yoga atau jalan kaki.
4. Camilan protein dan serat
Tubuh membutuhkan camilan di sela waktu makan. Pilih camilan yang tinggi protein dan serat agar kita cukup makan dalam porsi kecil tetapi kenyang.
5. Batasi gula
Membatasi asupan gula adalah cara efektif untuk mengurangi kelebihan kalori. Secara bertahap, kurangi gula mulai dari minuman.
6. Minumlah air
Kapan pun Anda merasa haus, pilihlah air putih dan bukan soft drink atau jus buah. Cukup minum air akan membuat kita lebih berenergi, menyehatkan saluran cerna, dan mencegah sembelit.
7. Tidur 8 jam
Cukup tidur akan membantu meningkatkan hormon leptin yang mengatur rasa kenyang, dan menurunkan hormon ghrelin yang merangsang lapar lapar. Penelitian menunjukkan orang yang kurang tidur makan 300 kalori lebih banyak.
8. Atur kalori
Mengatur porsi kalori adalah bagian penting dalam program penurunan berat badan. Bahkan makanan sehat pun bisa membuat berat badan bertambah karena dikonsumsi berlebihan. Buat perencanaan makanan setiap hari, sebaiknya tetap makan tiga kali sehari. Kurangi porsinya, tetapi tetap mengandung zat gizi yang dibutuhkan.
9. Konsumsi susu
Jangan memusuhi susu. Penelitian membuktikan wanita yang mengonsumsi susu dan produk turunannya ternyata mampu mengusir lebih banyak lemak dari tubuhnya.
10. Berdamai dengan diri sendiri
Pada banyak kasus, kita terdorong untuk banyak makan atau ketagihan makan karena emosi. Akar masalahnya adalah stres atau masalah yang dibiarkan tidak diselesaikan. Coba evaluasi kondisi psikologi dan temukan masalahnya. Berbicara dengan sahabat atau melakukan meditasi cukup efektif untuk menghilangkan rasa kecemasan dan tidak bahagia.
#Hindari stress & lakukan olahraga secara teratur ya
1. Sarapan
2. Bersahabat dengan sayur
3. Aktif bergerak
4. Camilan protein dan serat
5. Batasi gula
6. Minumlah air
7. Tidur 8 jam
8. Atur kalori
9. Konsumsi susu
10. Berdamai dengan diri sendiri
07:09 04/08/2020