[Bayi & Balita]
Adiza Ayu Kinanti
Permisi kaka ahli gizi, saya ingin bertanya. Saudara saya umur 10 bulan sudah hampir berhenti asi karena ibunya hamil dan keluar asi nya sedikit sekali. Nyoba susu formula berbagai merk tapi mencret cair. Sudah coba yg soya tetep mencret walaupun tdk separah yg sufor sapi. Kira kira itu kenapa dan harus minum susu apa ya ka? Terima kasih
00:06 04/08/2020
Halo
Alergi susu formula adalah respons imun bayi yang berlebihan terhadap salah satu protein dalam susu formula, sedangkan intoleransi laktosa adalah reaksi yang diakibatkan ketidakmampuan tubuh dalam mencerna laktosa, yaitu gula alami dalam susu.
Ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula yang disebabkan oleh alergi susu formula di antaranya adalah:
Masalah pencernaan, seperti sakit perut, muntah, kolik, diare, konstipasi, hingga kadang buang air besar berdarahReaksi terhadap kulit, seperti ruam merah dan gatal, atau pembengkakan pada bibir, wajah, dan sekitar mata. Gejala alergi seperti pilek Eksim yang tidak membaik dengan pengobatan Gangguan pernapasan, seperti napas berbunyi mengi, batuk, dan sesak napas Reaksi anafilaksis yang butuh penanganan medis segera.
Adapun ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula yang disebabkan karena intoleransi laktosa meliputi:
Diare parah,Muntah,Kram atau nyeri di perut, & Kembung.
Gejala-gejala di atas bisa muncul dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah minum susu formula.
Jika Si Kecil tidak cocok dengan susu formula karena intoleransi laktosa, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini:
_Hindari atau batasi semua produk susu dan makanan yang mengandung laktosa.
_Periksa label makanan saat belanja untuk memastikan tidak terdapat kandungan laktosa atau susu.
_Berikan kepada Si Kecil produk susu yang bebas laktosa.
_Perhatikan apakah terjadi gejala intoleransi laktosa saat memberikan makanan baru kepada Si Kecil.
_Lengkapi makanan pendamping ASI Si Kecil dengan sumber kalsium, seperti sayuran hijau, jus buah, tahu, brokoli, salmon, dan buah jeruk sebagai pengganti asupan kalsium dari susu.
_Jangan lupa untuk melengkapi pula makanan Si Kecil dengan vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan fosfor.
#Trmksih
01:14 04/08/2020