[Lainnya......]
anonim
Selamat malam dok. Umur saya 20 tahun, saya mengalami kesulitan untuk menaikan berat badan. Padahal saya sudah melakukan berbagai cara untuk menaikan berat badan. Adakah solusi dari dokter untuk menaikan berat badan yg ampuh?
Terima kasih dok..
22:58 04/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika sebelumnya sdh melakukan program diet namun belum berhasil jg berarti ad penyebab lain diantaranya sbb:
1. Genetik atau keturunan
Faktor keturunan atau genetik dapat membuat seseorang memiliki metabolisme cepat. Metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.
2. Terlalu banyak beraktifitas
Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badanmu susah naik. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh membakar kalori lebih banyak. Jika aktivitasmu berlebihan, misalnya olahraga terlalu berat atau terlalu sering, tubuhmu akan tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.
3. Menderita Penyakit Kronis
Penyakit berat yang terjadi dalam jangka waktu panjang, dapat membuat berat badanmu kian turun.
4. Stres
Stres dapat memicu pola hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab kamu kesulitan meningkatkan berat badan. Beragam hal bisa menjadi penyebab stres, mulai dari krisis kepercayaan diri, masalah keluarga, hingga masalah pekerjaan.
Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah berat badan secara alami, yaitu:
1. Menambah asupan kalori dari makanan sehat sebagai usaha awal, kamu tidak perlu terlalu banyak mengubah pola makan. Mulailah dengan meningkatkan jumlah asupan kalori dengan menambahkan bahan makanan tertentu. Misalnya menambahkan keju ke dalam roti, atau menambahkan kentang dan telur puyuh ke dalam sup ayam.
2. Menambah kebutuhan Nutrisi
Kamu bisa mencukupi kebutuhan kalori dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti kentang, telur, alpukat, selai kacang, dan susu. Kamu juga bisa menikmati camilan sehat di sela-sela waktu makan, misalnya roti, selai kacang, dan buah-buahan.
3. Makan dengan Porsi kecil
Orang yang kurus dan kesulitan menambah berat badan biasanya lebih mudah kenyang dan sering tidak menghabiskan makanan. Maka untuk menambah kalori, kamu bisa membagi porsi makanmu menjadi lebih kecil, namun frekuensinya ditingkatkan menjadi 5-6 kali sehari. Dengan begitu, kamu bisa makan lebih banyak tanpa harus merasa kekenyangan.
4. Hindari minum terlalu banyak sebelum makan:
Agar metabolisme tubuh berjalan optimal, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan, dengan cara minum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun, hindari minum banyak air putih sebelum makan karena akan membuatmu kenyang, sehingga kamu tidak nafsu makan.
5. Tidur Berkualitas
Untuk menambah berat badan, upayakan kamu mencukupi waktu tidur dengan kualitas tidur yang baik. Tidur yang cukup bermanfaat untuk pertumbuhan otot-otot tubuh, sehingga dapat menambah berat badan.
#Trmksih
08:06 05/08/2020