[ASI & Menyusui]
Maria Jenni
Makanan apa yang baik untuk Ibu Menyusui? Biar ASI nya lancar..
Terimakasih
15:11 05/08/2020
makanan yang dapat memperbanyak/ Memperlancar ASI secara alami:
1. Pepaya > Pepaya, baik buahnya ataupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat, dan enzim papain.
Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.
2. Daun Katuk > Daun katuk sudah lama dikenal sebagai makanan yang memperbanyak ASI, karena mengandung protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.
Ibu menyusui membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Dalam kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari.
3. Sup Daging/Ayam/Ikan > Sup juga merupakan salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Kuah sup dapat menambah asupan cairan untuk tubuh, sedangkan daging/ayam/ikan dapat menambah protein bagi tubuh.
Selain itu, pada umumnya sup menggunakan berbagai macam sayuran, sehingga dapat memberi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.
4. Havermouth (Oatmeal) > Selain berkhasiat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah, havermouth juga salah satu makanan yang memperbanyak ASI.
Seorang wanita yang duduk memakan havermouth akan merasa relaks dan memicu hormon oxytocin. Hormon ini adalah hormon yang berpengaruh pada produksi ASI.
5. Bayam > Bayam baik untuk menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.
Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI.
6. Wortel > Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI.
7. Air > Minumlah 10-12 gelas air putih sehari, agar produksi ASI lancar.
8. Kacang-kacangan > Beberapa jenis kacang juga kaya akan zat besi, mineral, protein, dan vitamin.
#Semoga bermanfaat
#Trmksih
#Semoga bermanfaat
#Trmksih
00:57 06/08/2020
Maria Jenni
Kebutuhan kalori ibu menyusui itu disesuaikan dengan AKG atau hitung manual ya Bu?
04:31 06/08/2020
Maria Jenni
Ibu, bagaimana kalau ibu menyusui itu tidak menyukai sayur?
06:18 06/08/2020
Diusahakan suka bu > biar gmnpun jg khan u/ kelancaran ASI U/ Si baby jg khan biar Gizinya tercukupi & seimbang bu.
#Trmksih
07:50 15/11/2020